Nasional

Pameran Rempah Terbesar di Dunia Segera Hadir di Kawasan Danau Toba

Acara konferensi pers Dewan Rempah Indonesia dan KADIN Sumatera Utara di Balai Samudera, Jakarta, Jumat (17/09/2021) - Foto (Sumut Invest)

JAKARTA – Sebagai negara pengekspor rempah-rempah di pasar dunia, saat ini Indonesia masih kalah dibanding dengan negara tetangga seperti India dan Vietnam. Bahkan nilai ekspor rempah Indonesia jauh sekali di bawah Vietnam.

Salah satu penyebab hal ini terjadi karena pemerintah dianggap belum maksimal membuat payung hukum untuk mengakomodir seluruh kegiatan usaha rempah di Indonesia. Payung hukum itu dapat berupa Keppres, PP maupun Undang-Undang.

Demikian disampaikan Suhirman Mulyodiharjo Ketua Harian Dewan Rempah Indonesia (DRI) kepada Sumutinvest.com, dalam acara konferensi pers di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (17/09/2021).

Menurut Suhirman supaya pemerintah mau membuat kebijakan sebagai payung hukum pembangunan rempah di Indonesia, maka Dewan Rempah Indonesia dalam waktu dekat ini akan menggelar acara Pertemuan Bisnis dan Pameran Rempah terbesar di Indonesia, bahkan di dunia saat ini yaitu di Kawasan Danau Toba.

“Salah satu keinginan kita dengan menggelar acara di Danau Toba ini adalah agar pemerintah mau membuat kebijakan sebagai payung hukum pembangunan rempah di Indonesia. Sehingga kejayaan rempah Indonesia dapat kembali kita raih,” kata Suhirman didampingi sejumlah pengurus DRI seperti DR Hj Dwi Suryawati Said, Lukman Basri dan Adelina Zahir.

Pertemuan Bisnis dan Pameran Rempah itu akan dikemas dengan Indonesia Spice Business Forum & Exhibition 2021 (ISBFE 2021).

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 10-13 Desember 2021 di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara.

Suhirman menjelaskan acara besar ini digagas oleh Dewan Rempah Indonesia (DRI) bersama dengan Kementerian Pertanian dan KADIN Sumatera Utara, serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

Selain itu juga mendapatkan dukungan penuh dari KADIN Indonesia, Pemerintah Daerah Sumatera Utara, dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Republik Indonesia, serta Kementerian Perekonomian Republik Indonesia.

ISBFE 2021 akan diikuti oleh seluruh komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari mancanegara terutama para importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia seperti Singapura, Uni Emirat Arab, India, Maroko, Algeria, Tunisia, USA, Belanda, Brazil, Jerman, Belgia dan banyak lagi.

Acara ISBFE ini merupakan pengejawantahan dari amanat Joko Widodo Presiden Republik Indonesia pada tahun 2017 yang mengamanatkan kepada semua pemangku kepentigan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Amanat yang sangat penting ini telah disambut oleh kementerian terkait dan dunia usaha dengan meluncurkan berbagai program yang dipopulerkan dengan nama ‘Spice Up The World.”

Oleh karena itu, KADIN Indonesia melalui KADIN Sumatera Utara sebagai tuan rumah ISBFE 2021 ini berinisiatif menyelenggarakan acara yang secara nyata mempertemukan para petani, pengusaha, UMKM, dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar-benar konkret dan terukur untuk meningkatkan ekonomi nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.

Selain menyelenggaran Pameran Rempah Nusantara yang akan diikuti oleh seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang memiliki produk unggulan rempah, ISBFE 2021 akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Rempah pertama yang akan mengundang pembicara-pembicara kunci dari seluruh Indonesia dan mancanegara.

Acara ini diagendakan untuk dibuka langsung oleh Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dan diselenggarakan secara offline dari Kawasan Danau Toba, serta online melalui platform Virtual Event untuk memaksimalkan keikutsertaan publik dan dunia internasional.

Dengan ISBFE 2021, diharapkan Indonesia dapat mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia serta secara aktif membumbui dunia dengan meningkatkan perniagaan rempah ke seluruh penjuru dunia.

Dalam acara konferensi pers tersebut, turut juga hadir dari KADIN Sumatera Utara yaitu Khairul Mahalli Ketua Umum KADIN Sumatera Utara & Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Tonny Silvaraj Ketua Kadin Indonesia KIKI-PSB (Kadin Indonesia Komite India, Pakistan, Srilanka dan Bangladesh) & Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Usaha GPEI dan Idham Dalimunthe Wakil Ketua Umum OKK. [Tio]

Komentar di sini

Most Popular

To Top