">
SI UKM

UMKM Naik Kelas, Kadin dan GPEI Sepakat Gelar Pelatihan Online

Khairul Mahalli (kanan), Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia. Foto (GPEI)

Medan, Sumutinvest.com – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) sepakat menggelar pelatihan online bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta industri kecil menengah (IKM) naik kelas agar dapat tembus pasar ekspor.

Demikian dikatakan Ketua Umum DPP GPEI Khairul Mahalli pada salah satu seminar di Medan, Senin (4/5/2020).

Mahalli mengatakan program UMKM/IKM naik kelas ini sebenarnya telah digagas beberapa waktu lalu, namun karena terjadi wabah corona akhirnya tertunda pelaksanaannya.

Sumber (KADIN-GPEI)

“Nah, untuk mempercepat realisasi program ini maka digelar pelatihan melalui online dan diharapkan bisa berjalan lancar.

Lebih lanjut Mahalli menjelaskan program online UMKM/IKM naik kelas ini akan diisi sejumlah materi seperti materi pelatihan untuk kemudahan dan harmonisasi ekspor.

Selain itu, ada juga materi pendampingan perizinan dan pembiayaan usaha ekspor; strategi pemasaran jaringan internasional serta misi dagang dalam dan luar negeri.

Ditambahkan Mahalli, selama wabah corona belum berakhir, pelatihan diadakan melalui online.

“Insya Allah nanti jika wabah telah berlalu, target di 100 kota akan kita laksanakan dengan melibatkan GPEI, Kadin Provinsi, Kabupaten dan Kota,” ujar Ketua Umum Kadin Sumut itu.

Kata Mahalli para peserta pelatihan online nantinya bakal memperoleh sertifikat Kadin dan GPEI.

UMKM/IKM harus terus dibina dan dikembangkan secara berkesinambungan tidak hanya retorika, karena menurut Mahalli, bukan rahasia umum lagi bahwa pelaku usaha di sektor tersebut telah memberi kontribusi besar bagi perekonomian nasional dan menyerap banyak tenaga kerja.

Untuk informasi dan koordinasi mengenai program online tersebut, pelaku usaha dapat menghubungi Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) d/a KADIN Indonesia di nomor telepon/WA: 0857-6606-9369. (*)

Komentar di sini

Most Popular

">
To Top