">
SI Wisata & Kuliner

12 Destinasi Wisata Bahari Wajib Dikunjungi di Kabupaten Serdang Bedagai

SUMUTINVEST.com-Medan. Berada tak jauh dari Danau Toba, Kabupaten Samosir, menjadikan Kabupaten Serdang Bedagai atau biasa disebut Sergai sebagai salah satu destinasi wisata bahari, wisata alam dan wisata budaya yang semakin berkembang. Kabupaten Sergai Sergai memiliki panjang pantai kurang lebih 95 Km ini, merupakan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata bahari.

Dalam waktu dekat, wisata agro akan juga dikembangkan karena Sergai memiliki banyak perkebunan dan areal pertanian yang dapat dimanfaatkan menjadi wisata agro yang juga dapat dimanfaatkan menjadi wisata belajar (ekowisata).

Selain itu Pulau Berhala juga akan dipersiapkan menjadi Marine Tourism (wisata bahari). Hal ini ditandai dengan akan disetujuinya pengembangan objek wisata bahari di lokasi itu oleh investor. Hal ini diharapkan dapat menambah pemasukan PAD dari sektor Pariwisata.

Sebagian dari lokasi objek wisata pantai di daerah ini dikelola secara sederhana, tetapi salah satu diantaranya telah dikembangkan secara profesional bekerjasama dengan investor Malaysia, yakni Kawasan Wisata Theme Park Pantai Cermin sebagai ikon pariwisata di Sumatera Utara (Sumut) akan terus dikembangkan terlebih letaknya cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumut.

Hingga saat ini tercatat ada 12 (dua belas) lokasi objek wisata bahari yang terdapat di Kabupaten Sergai yang telah memberikan pemasukan PAD Kabupaten Sergai. Objek wisata itu adalah :

  1. Pantai Mutiara 88

Pantai Mutiara 88

Pantai Mutiara 88 berada di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, sekitar 47 Km dari kota Medan. Objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya di areal hutan bakau (manggrove) di tepi pantai. Pengunjung objek wisata ini dapat melihat tempat berkembang biaknya ikan laut dan kepiting di dalam air di antara akar-akar pohon bakau.

  1. Pantai Woong Rame

Pantai Wong Rame

Di pantai ini tersedia fasilitas penginapan (hotel) dilengkapi AC, restoran seafood, karaoke/musik dan pondok-pondok santai serta beberapa kolam pancing. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai di lokasi objek wisata ini sangat menarik dan dapat dijadikan tempat bermain volley pantai serta permainan pantai lainnya.

  1. Pantai Pondok Permai

Pantai ini terletak di pinggiran pantai Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, objek wisata Pondok Permai sudah sangat dikenal oleh masyarakat kota-kota besar di Sumut bahkan di Indonesia.

  1. Pantai Cermin Theme Park

Pantai Theme Park

Pantai Cermin Theme Park berada di Kecamatan Pantai Cermin (Pantai Cermin dahulu). Objek wisata ini merupakan tujuan wisata yang telah dikemas dengan baik dan profesional yang memiliki banyak fasilitas rekreasi seperti slide & polls, olah raga air (jetski dan banana boat), mini zoo (kebun binatang mini), bird park (taman burung), water castle (istana air), pet shop (toko hewan) dan restoran. Semua daerah / lokasi objek wisata diatas tersebar sepanjang garis pantai di Kabupaten Serdang Bedagai.

  1. Pantai Lestari Indah

Pantai ini berada di sebelah Pantai Pondok Permai yang dilengkapi arena permainan anak, restoran yang dilengkapi panggung dan peralatan karaoke, pondok wisata, banana boat, speed boat, musholla dan area parkir yang luas

  1. Pantai Sri Mersing

Hamparan putihnya yang luas sangat tepat untuk bermain olahraga pantai seperti bola volly pantai, sepak takraw pantai, bermain ATV dan olahraga lainnya. Pantai Sri Mersing berada di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin sekitar 48 km dari Medan. Pantai ini juga dilengkapi pondok-pondok wisata yang tertata rapi dan indah di pinggir pantai yang tenang serta dilengkapi musholla, warung makan yang bersih serta toilet yang tersedia.

  1. Pantai Kuala Putri

Pantai Kuala Putri terletak di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, sekitar 49 Km dari Medan.Di objek wisata ini pengunjung dapat berbaur dan melihat kehidupan masyarakat nelayan. Di sini terdapat restoran, seafood, pondok-pondok santai dan panggung hiburan serta kolam pancing.

  1. Pantai Pematang Matik

Pantai ini dapat ditemui setelah kita melalui pematang sawah hijau yang terdampar di kanan dan kiri jalan yang kita lalui. Ketenangan pantai segera dapat kita rasakan saat menginjakkan kaki di pantai ini. Ada sebuah warung makan, toliet dan musholla yang disediakan bagi pengunjung ke Pantai Pematang Matik.

  1. Pantai Nipah Indah

Pantai yang banyak ditumbuhi pohon cemara ini berada di Desa Nagalawan Kecamatan Perbaungan. Pantai ini berdkatan dengan Pantai Klang Indah. Jaraknya dari Medan sekitar 48 km dan dari Sei Rampah hanya sekitar 17 km.

  1. Hutan Mangrove Muara Baimbai

Kawasan hutan manggrove ini dikelola oleh sebuah Kelompok Konservasi Mangrove Muara Baimbai (KMMB) di Desa Sei Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan. Konservasi ini bertujuan sebagai pencegah abrasi pantai akibat hempasan ombak. Hutan bakau yang berada di wilayah tersebut dikelola oleh KMMB yang dipimpin Sutrisno. Hingga saat ini KMMB telah berhasil mengelola pesisir pantai di desa tersebut menjadi daerah percontohan alam hal pengembangan dan pemeliharaan hutan mangrove dengan jenis tanaman bakau, kayu api-api, pohon buta-buta dan tanaman lainnya.

  1. Pantai Klang Indah

Pantai Klang berada di Desa Nagalawan Kecamatan Perbaungan, yang berjarak ± 48 Km dari kota Medan. Udara sejuk dan segar sangat terasa ketika memasuki lokasi objek wisata ini. Di bawah pepohonan rindang pengunjung dapat bersantai sambil menikmati aneka makanan laut (seafood) lezat yang banyak dijual di sekitar pantai. Hamparan pasir putih di objek wisata ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai arena bermain bola volley pantai maupun olahraga lainnya.

Di sini terdapat panggung terbuka dan pondok-pondok santai yang sering dipakai pengunjung sebagai tempat arisan dan tempat bersantai keluarga. Sekitar 75 meter dari bibir pantai, pengunjung dapat menjumpai sumur tua yang bernama “Sumur Pandan”. Walaupun terletak tidak jauh dari bibir pantai tetapi airnya tetap tawar. Sebagian besar pengunjung percaya bahwa air sumur ini berkhasiat sebagai obat awet muda dan enteng jodoh

  1. Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah terletak di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, berjarak ± 60 Km dari kota Medan atau ± 10 km dari Sei Rampah (Ibukota Kabupaten Sergai) melewati rute Medan-Tebing Tinggi. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, Pantai Sialang Buah juga dikenal dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang ke sini bukan hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya yang menawan, tapi juga membeli ikan-ikan laut segar.

Itulah ulasan 12 destinasi Wisata Bahari saat Anda berkunjung ke Kabupaten Sergai. Anda belum merasakan Sergai semaksimal mungkin kalau belum mendatangi semua tempat di atas. Jadi, apakah sudah siap untuk menjelajah Sergai? (SI)

Komentar di sini

Most Popular

">
To Top