">
Internasional

Kabar Duka, Mantan Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Paus Benediktus XVI (Twitter @vatikannews)

SumutInvest.com, Vatikan | Kabar duka datang dari Mantan Paus Benediktus XVI telah meninggal dunia, dalam usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah ia mengundurkan diri karena sakit.

“Dengan sedih saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni dikutip dari Reuters.

Paus Benediktus XVI memimpin Gereja Katolik selama kurang dari delapan tahun hingga, pada 2013, dia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415.

Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara Mater Ecclesiae di dalam tembok Vatikan di mana dia meninggal dunia pada pukul 09:34 (08:34 GMT) pada hari Sabtu, 31 Desember.

Penggantinya Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pada 5 Januari.

Vatikan mengumumkan jenazah Paus Emeritus akan ditempatkan di Basilika Santo Petrus mulai 2 Januari untuk “sapaan umat”.

Lonceng berbunyi dari katedral Munich dan satu lonceng terdengar dari Lapangan Santo Petrus di Roma setelah kematian diumumkan.

Vatikan mengatakan jenazahnya akan disemayamkan mulai Senin di Basilika Santo Petrus dan bahwa Paus Fransiskus akan memimpin pemakamannya pada Kamis pagi di lapangan yang sama di mana Benediktus, yang saat itu adalah Kardinal Joseph Ratzinger, mengatakan misa pemakaman untuk pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II, pada tahun 2005.

“Mengikuti keinginan Paus Emeritus, pemakaman akan berlangsung sebagai tanda kesederhanaan,” kata Bruni, seraya menambahkan bahwa kebaktian itu akan “khusyuk dan tenang”. [Red]

Komentar di sini

Most Popular

">
To Top