">
SI Wisata & Kuliner

Program Semesta Dairi Memanggil, Terobosan Promosi Pariwisata Kreatif dalam Semangat G20

Bupati Dairi (kedua kanan) memukul gong pertanda program Semesta Dairi Memanggil resmi dibuka (Foto: Ist)

SumutInvest.com, Jakarta | Indonesia saat ini sedang disorot dunia karena menjadi Presidensi G20.

Dengan menjadi tuan rumah, banyak sekali manfaat bagi Indonesia dalam berbagai sektor khususnya pemulihan ekonomi dan pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dianggap jadi satu peluang besar untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata dan kebudayaan yang ada di daerah RI.

Salah satunya adalah potensi pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Dairi.

Kabupaten Dairi merupakan satu dari 7 Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba berperan sebagai penyangga ekosistem Danau Toba dengan memiliki sungai-sungai yang mengalir ke Danau Toba.

Termasuk keberagaman etnis yang dimiliki 7 Kabupaten tersebut merupakan warisan budaya bangsa yang bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi.

Potensi-potensi itu merpakan asset yang sangat potensial untuk pengembangan pariwisata.

Salah satu program terobosan untuk mengembangkan potensi itu adalah Semesta Dairi Memanggil.

Acara Kick Off Semesta Dairi Memanggil ini digelar di Jakarta, Kamis (2/6/2022) dibuka langsung oleh Bupati Dairi Eddy Berutu, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Dairi Rahmat Syah Munthe dan jajaran.

Selain dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Dairi, hadir juga mewakili Kemenkop UKM, Dirut BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan, Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Hadir juga Hadriani Uli Silalahi selaku Chair of Women W20, asosiasi perusahaan perjalanan wisata, Merdi Sihombing designer Indonesia yang giat memanfaatkan kain tenun nusantara, serta tamu dan undangan lainnya.

Semesta Dairi Memanggil adalah suatu program penguatan destinasi pariwisata dan kebudayaan dengan cara memerapkan konsep promosi pariwisata yang kreatif dengan terobosan baru dan bisa mewujudkan semangat G20.

Cara yang paling tepat dan disukai para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara saat ini adaah dengan memadukan berbagai atraksi dengan amenities yaitu antara bercerita dengan menarik tapi juga secara riil ada produk yang bisa dilihat, dirasa, dialami dan dinikmati.

Acara Kick Off Semesta Dairi Memanggil ini merupakan tahap awal untuk membuka rangkaian acara dengan tujuan memperkenalkan Dairi dengan berbagai kekayaan alam, budaya dan masyarakatnya yang selama ini tidak begitu terdengar.

Salah satu protensi yang terus didorong untuk dipromosikan adalah Kopi Sidikalang yang dulu sempat melegenda.

Ada juga Tenun Ulos Dairi seperti Ulos Silahisabungan yang sesungguhnya jenis ulos terbaik dengan pola dan teknis tenun yang cukup rumit.

Melalui program Semesta Dairi Memanggil ini diharapkan wisatawan lokal dan mancanegara, termasuk anak Dairi yang sukses di perantauan untuk mengunjungi Dairi dan menikmati berbagai keindahan serta kelebihan yang ada di Kabupaten Dairi. [Tio/Red]

Komentar di sini

Most Popular

">
To Top