Pendidikan

Olahraga Itu Menyenangkan

Nugraha Hari Ramadi. Foto (istimewa)

JAKARTA – Ada pepatah mengatakan, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah itu bukan sekadar isapan jempol, nyatanya kita semua membutuhkan tubuh yang sehat untuk menunjang segala bentuk aktivitas fisik yang kita lakukan. Tidak mungkin kita melakukan aktivitas fisik apabila tubuh kita sendiri tidak dalam keadaan sehat dan bugar. Begitu pula apabila tubuh kita sehat, pikiran dan jiwa kita pun selalu sehat. Dapat berkonsentrasi lebih lama serta dapat mengambil keputusan dengan pikiran yang tenang.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus selalu mengkonsumsi makan-makanan bergizi, istirahat teratur, tidak tidur larut malam serta berolahraga secara teratur. Berolahraga sendiri bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, baik di rumah dengan peralatan yang ada dirumah ataupun dilapangan serta sarana olahraga lainnya. Bahkan olahraga itu bisa dilakukan secara bersama-sama dan dengan kondisi yang tidak membosankan. Contohnya seperti bersepeda masuk ke pelosok-pelosok desa sambil menikmati suasana alam yang indah. Olahraga juga bisa dilakukan bersama keluarga, disamping baik untuk kesehatan, baik pula untuk mempererat kasih sayang dalam keluarga.

Banyak manfaat yang didapat dari kita berolahraga secara teratur, antara lain menjaga jantung tetap sehat, paru-paru tetap sehat, menurunkan berat badan untuk yang obesitas, menambah teman baru dalam berolahraga dan banyak lagi lainnya.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk sehat itu mahal, nyatanya tidak demikian sebab pola hidup sehat lebih irit dalam segi ekonomi. Bayangkan apabila pola hidup tidak sehat yang selalu kita jalankan, masa tua kita rentan akan keluar masuk rumah sakit, tetapi apabila kita dilatih dan rutin untuk pola hidup sehat contohnya dengan berolahraga, masa tua kita akan jauh lebih baik karena racun atau penyakit yang sedari muda tidak kita tanam dalam tubuh kita. Karena dengan berolahraga pula senantiasa akan ada bayak manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah bisa meningkatkan kemampuan otak, membantu menunda proses penuaan, mengurangi stres dan Menaikkan daya tahan tubuh.

Selain itu, berolahraga pula bentuk aktivitas positif untuk meredam kegiatan anak muda diluar yang tidak baik. Minimal peran keluarga sangat penting sebab untuk mengajak anggota keluarganya beraktivitas positif seperti olahraga.

Oleh karena itu biasakan untuk selalu hidup sehat dengan cara berolahraga untuk menciptakan tubuh yang sehat untuk hari esok yang lebih baik. Senangi lelahnya dalam berolahraga, maka kita akan tahu perjuangan kita dalam jalur yang benar. (*)

Penulis: Nugraha Hari Ramadi, S.Or., M.Pd (Dosen Program Studi PJKR STKIP Mutiara Banten)

Komentar di sini

Most Popular

To Top