Pendidikan

Olahraga 3 x 3 Bola Basket

Dennis Kusminandar

Oleh: Dennis Kusminandar, Mahasiswa STKIP Mutiara Banten

JAKARTA – Olahraga 3×3 adalah salah satu cabang olahraga yang mengacu pada bola basket. Perbedaan mendasarnya adalah, jumlah pemain yang lebih sedikit dengan tiga orang yang bermain, dan luas lapangan yang lebih kecil dengan hanya menggunakan satu ring basket saja. Untuk diketahui, olahraga bola basket dimainkan oleh 5 orang dengan penggunaan dua ring basket. Jenis permainan bola basket ini sudah semakin dikenal dan diminati di kalangan masyarakat khususnya pencinta olahraga bola basket, walaupun ketenarannya belum sampai melampaui yang menjadi induk olahraganya tersebut. Karena pada 3×3 ini jumlah pemain lebih sedikit dibandingkan basket konvensional serta lapangan yang hanya menggunakan setengah lapangan basket konvensional. Namun, di tiap lapangan bola basket, tidak hanya di Indonesia, namun di dunia, olahraga bola basket 3×3 kini sudah sering dimainkan. Tidak hanya dimainkan karena kurang pemain untuk memainkan bola basket konvensional, namun juga dimainkan dengan mengikuti peraturannya. Sehingga 3×3 ini terasa lebih menyenangkan karena terasa lebih sederhana dibandingkan basket konvensional atau 5 on 5.

Terlepas dari ketenarannya 3×3 ini tidak lepas dari sejarah yang mana sebelum masuk dalam kompetisi resmi, perjalanan olahraga basket 3×3 atau yang juga dikenal dengan nama 3on3 sebenarnya sudah dimulai sejak lama. Format olahraga basket 3×3 ini seringkali dimainkan di lapangan basket yang ada di lingkungan perumahan dengan mengacu pada konsep free style. Barulah di akhir 1980-an 3on3 menjadi permainan bola basket yang memiliki aturan, walaupun tidak resmi. Hal itu ditandai dengan adanya seri turnamen di Amerika Serikat, yang menjadi kiblat olahraga bola basket, baik itu 3×3 atau basket konvensional. Sejak saat itu 3×3 terus bertumubuh di seluruh dunia, walaupun belum ada aturan baku yang dikeluarkan oleh federasi basket dunia, FIBA.

Peraturan Dasar Olahraga Bola Basket 3×3 banyak perbedaan bola basket 3×3, untuk detailnya kamu bisa lihat dari tabel atau bagan di bawah ini.

Waktu : 1x 10 menit (bersih)
Pemain : 4 pemain (3 + 1 Sub), tim yang akan bermain harus memiliki 3 pemain berada di lapangan, bila tidak maka team tersebut WO.
Lapangan : Lebar 15m x Panjang 11m
Wasit : Jumlah wasit hanya 1 atau 2 jika diperlukan
Time Out : Sebanyak 1x dalam satu game untuk setiap team. (30 detik)
Shot clock : 12 detik
Foul : 6 kali team foul. Team foul ke 7, 8 dan 9 mendapatkan 2x lemparan bebas, sedangkan team foul ke 10 dan selanjutnya mendapatkan 2x lemparan bebas dan penguasaan bola kembali.
Clear Out : Bola dinyatakan clear apabila kedua kaki pemain sudah tidak ada di dalam atau masih menginjak garis 3 poin. kedua kaki dan bola harus keluar dan berada di belakang garis 3 poin area
Sistem

Penilaian

: setiap tim yang pertama kali berhasil meraih 21 poin terlebih dahulu adalah yang menjadi pemenang dalam pertandingan. Untuk  tembakan di dalam garis 3 poin bernilai 1 poin dan 2 poin untuk diluar  garis 3 poin. Kemudian, apabila terjadi overtime, maka tim yang  berhasil meraih 2 poin terlebih dahulu menjadi pemenangnya.
 

Check ball

: Selalu dilakukan setelah situasi bola mati (DeadBall: Bola keluar dan pelanggaran) atau pada permulaan game untuk memulai permainan yakni dengan melakukan pertukaran bola antara pemain defense dengan pemain offfense di belakang/luar garis 3 poin di tengah bagian atas lapangan. (Bila 1x Peringatan, 2x dan seterusnya berpindah penguasaan bola)
 

 

Ukuran Bola

: Ada perbedaan ukuran bola pada 3×3 dan konvensional, 3×3  memiliki panjang   keliling bola antara 727–734 mm (28.5–29.0 inch). Sedangkan konvensional yang memiliki Panjang keliling 749-780 mm. Dalam penggunaannya bola pada 3×3 tidak dibedakan berdasarkan gender pemain baik pria maupun wanita, semua satu ukuran. Merek bola yang biasa digunakan dalam olahraga bola basket  3×3 adalah Wilson.

Demikian sedikit ulasan tentang permainan 3×3 bola basket semoga bermanfaat. Terima kasih.

Komentar di sini

Most Popular

To Top