Daerah

Banyak Peminatnya, Sumut Ekspor Durian ke China dan Malaysia

Medan, Sumutinvest.com – Sumatera Utara (Sumut) dikenal dengan provinsi penghasil durian yang enak. Banyak juga wisatawan jauh – jauh datang hanya untuk mencicipi durian asal Sumut ini.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul mengatakan yang menjadi fokus saat ini kabupaten Dairi, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan Langkat merupakan sentra durian yang terus dikembangkan.

Selain itu, dikatakan Hasrul, Karantina Pertanian Belawan mencatat ekspor durian asal Sumut sebanyak 441,1 ton pada semester I 2020 bahkan di tengah pandemi virus corona ini. Peningkatan ekspor durian ditujukan ke negara China dan Malaysia.

“Ada peningkatan ekspor durian di tengah pandemi corona saat ini.

sangat menyukai durian Sumut. Tahun lalu saja, ekspor durian mencapai 521,6 ton. Hingga semester kedua ini, 441,1 ton,” ungkap Hasrul, Selasa (21/7/2020).

Rinciannya, China mengimpor durian asal Sumut sebanyak 249,2 ton dengan total sertifikasi dokumen karantina sebanyak 19 kali. Sementara, Malaysia mengimpor sebanyak 190,9 ton dengan 13 kali pengiriman.

“Durian Sumut yang diekspor dalam bentuk beku (pasta), yang dikemas dalam plastik  kedap udara dan disimpan dengan suhu minus 15 hingga minus 20 derajat celcius agar kualitas durian tetap baik dan aman dikonsumsi,” jelasnya.

Menurutnya, durian yang diekspor telah melalui serangkaian tindakan karantina pertanian untuk memastikannya sehat, aman dan sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan.

“Ekspor durian dilengkapi sertifikasi dokumen karantina berupa phytosanitary certificate. Sertifikasi ini merupakan jaminan kesehatan durian yang di ekspor tersebut dalam kondisi sehat, bebas dari hama penyakit serta aman untuk dikonsumsi,” tuturnya.

Dikatakan Hasrul, tidak heran jika Sumut terkenal dengan oleh-oleh durian. Konsumennya tidak hanya wisatawan domestik, namun juga mancanegara hingga dapat diekspor ke Cina dan Malaysia. (cnn)

Komentar di sini

Most Popular

To Top