Daerah

BI Sumut: Permintaan Kredit Pertanian di Sumut Mulai Meningkat

Medan, Sumutinvest.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) mencatat permintaan kredit sektor pertanian dan industri pengolahan di Sumut mulai menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Peningkatan ini juga diikuti dengan penurunan kredit bermasalah pada kedua sektor itu. BI Sumut berharap kondisi ini bisa memberi efek positif terhadap pertanian di daerah setempat di masa mendatang.

“Kenaikan permintaan kredit itu menunjukkan potensi kembali menggeliatnya perekonomian Sumut,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat, dikutip dari Antara, Rabu (15/7/2020).

Permintaan kredit di sektor itu juga semakin menggembirakan, karena kredit di sektor perdagangan dan konstruksi belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Kepala BI Sumut tidak menyebutkan total penyaluran kredit di Sumut hingga Juni 2020, namun menjelaskan sektor pertanian berkontribusi 21 persen dan industri pengolahan 19 persen dalam total kredit perbankan yang disalurkan hingga posisi Mei 2020.

“Sektor konstruksi masih hanya berkontribusi sebesar 3 persen,” ucapnya.

Wiwiek mengatakan, sebelum dampak pandemi Covid-19, pertumbuhan kredit perbankan di Sumut secara menyeluruh mengalami perlambatan. Kredit modal kerja misalnya melambat didorong pelemahan lapangan usaha industri pengolahan dan konstruksi.

Dengan terjadi penurunan kredit, maka pertumbuhan kredit perbankan di Sumut hingga Mei masih hanya di kisaran 5 persen secara year on year (yoy).

“Semoga kredit sektor lainnya bergerak naik mengikuti sektor pertanian dan industri pengolahan,” harapnya. (ant)

Komentar di sini

Most Popular

To Top