Nasional

Pemerintah Tutup Penerimaan CPNS 2020-2021, Ini Alasannya

Jakarta, Sumutinvest.com – Pemerintah mengumumkan bahwa tidak ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020-2021. Hal ini disebabkan pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Presiden Joko Widodo juga sudah memerintahkan penyederhanaan birokrasi sehingga kebutuhan pegawai bisa menggunakan PNS yang sudah ada.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan dibuka atau tidaknya seleksi CPNS tahun depan juga mempertimbangkan kemampuan anggaran pemerintah serta kebutuhan dari masing-masing instansi. Karena itu, pemerintah belum menentukan kuotanya.

Selain itu, tidak dibukanya CPNS pada tahun ini lantaran proses penerimaan CPNS pada tahun 2019 belum sepenuhnya selesai. Seleksi CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda masih akan dilanjutkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Hari Wibisana mengatakan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 akan dilaksanakan pada Agustus-Oktober 2020.

Terkait lokasi pelaksanaan CPNS 2019, lanjut Bima, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19. Dikarenakan, peserta tes bisa saja harus melakukan perjalanan lintas kota, kabupaten atau provinsi.

Meski tak membuka lowongan CPNS tahun ini, pemerintah masih membuka pendaftaran sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian (Akpol) dan Akademi Militer (Akmil). Sedangkan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) melakukan moratorium penerimaan siswa baru hingga 2024. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top