SI UKM

Pemprov Alokasikan Dana Rp 10 Miliar Untuk UMKM Sumut

Medan, Sumutinvest.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mengalokasikan dana Rp 10 miliar untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menjelaskan, dana Rp 10 miliar itu masing-masing sebesar Rp 5,55 miliar untuk meningkatkan kapasitas koperasi dan UMKM dan Rp 4,45 miliar bagi kepentingan daya saing koperasi dan UMKM.

Diketahui, dana tersebut merupakan bagian dari dana refocusing tahap I yang dikucurkan Pemprov Sumut menghadapi Covid-19 yang totalnya mencapai Rp 502,1 miliar. Gubernur Sumut berharap dana untuk koperasi dan UMKM dapat membangkitkan kinerja usaha koperasi dan UMKM setelah terganggu akibat pandemi Covid-19.

“Saya sudah wanti-wanti dinas terkait untuk benar-benar memanfaatkan anggaran itu. Tolong, pers juga ikut mengawal anggaran itu,” pinta Edy, Minggu (5/7/2020).

Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Ridho Haykal Amal mengatakan jumlah UMKM dan koperasi yang terdampak Covid-19 mencapai sekitar 680 ribu. Masing-masing 672 ribu UMKM dan 7.700 usaha koperasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota Sumatera Utara.

“Hampir semua UMKM dan koperasi terdampak Covid-19. Total jumlah UMKM di Sumut ada 960 ribu dan koperasi 11 ribu,” jelasnya. (ant)

Komentar di sini

Most Popular

To Top