Daerah

BI Sumut: Pengusaha UMKM Sektor Makanan Minta Relaksasi Kredit

Medan, Sumutinvest.com – Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Wiwiek Sisto Hidayat mengatakan pengusaha usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sektor akomodasi, makanan dan minuman di Sumut tercatat paling banyak meminta relaksasi kredit saat pandemi Covid-19.

“Dari total nilai kredit UMKM sektor akomodasi, makanan dan minuman, sebesar 40,4 persen di antaranya sudah diusulkan pengusahanya untuk mendapat restrukturisasi kredit dari perbankan,” kata Wiwiek di Medan, Jumat (5/6/2020).

Sektor akomodasi, makanan dan minuman terdampak besar pandemi Covid-19 karena masyarakat lebih banyak di rumah dan pengusaha sektor itu juga memilih atau terpaksa tidak beroperasi.

Menurut laporan, lanjutnya, perbankan sesuai arahan mulai dan sedang melakukan restrukturisasi kredit kepada nasabahnya yang terdampak Covid-19. Mulai dari penundaan pembayaran kredit hingga hanya membayar utang pokok pinjaman.

Dikatakannya, pandemi Covid-19 memang menimbulkan dampak negatif terhadap banyak sektor. Selain lapangan usaha telekomunikasi dan yang terkait dengan informasi dan teknologi yang tidak terdampak.

Ia berharap, dimulainya normal baru secara perlahan akan menggerakkan perekonomian di Sumut. Usaha UMKM juga kembali pulih sehingga pembayaran kredit lancar kembali dan juga penyaluran kredit perbankan meningkat lagi. (ant)

Komentar di sini

Most Popular

To Top