Daerah

Bandara Silangit Kini Kembali Beroperasi

Taput, Sumutinvest.com – Setelah sempat berhenti, kini Bandara Internasional Silangit di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara kembali dibuka untuk penerbangan komersil.

Kepala Bandara Internasional Silangit, Iwan Sutisna mengatakan bandara kembali beroperasi sejak Rabu, 10 Juni 2020. Dimana sejak April lalu, penerbangan komersial dilarang selama PSBB nasional.

“Maka sejak tanggal 10 Juni 2020 maskapai Citilink beroperasi lagi dengan rute Cengkareng – Silangit-Cengkareng. Selain Citilink, Batik Air juga menyusul melayani penerbangan tujuan daerah lain,” ucap Iwan.

Hari pertama beroperasi, penumpang yang berangkat menggunakan pesawat Citilink sebanyak 74 orang, tetapi yang datang hanya 51 orang.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan hari itu juga meninjau kesiapan dibukanya penerbangan komersil di Bandara Internasional Silangit.

“Ini harus kita pastikan, karena menyangkut keluar masuknya manusia dari zona merah ke zona hijau. Ini semua harus dipatuhi demi memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” ungkapnya.

Setelah di cek, Bupati Taput mengatakan kesiapan Bandara Internasional Silangit menuju new normal sudah menerapkan protokol kesehatan. selain itu, Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Taput sudah standby menjalankan protokol kesehatan bagi penumpang yang datang dan keluar bandara.

Berdasarkan informasi, penumpang harus memenuhi syarat yaitu memiliki surat keterangan rapid test yang berlaku untuk 3 hari dan apabila sudah lewat tiga hari harus rapid test kembali. Sedangkan, surat keterangan hasil swab test berlaku 7 hari. Kemudian, harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan akan diukur suhu kembali, wajib menggunakan masker dan cuci tangan. (mbisnis)

Komentar di sini

Most Popular

To Top