Daerah

Selama Pandemi, Pemprov Kaji Gratiskan Uang Sekolah di Sumut

Medan, Sumutinvest.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan pihaknya sedang mengkaji untuk menggratiskan uang sekolah (SPP) pelajar tingkat SD dan SMP.

“Ada pemikiran dan rencana Pemko Medan (menggratiskan uang sekolah). Tapi belum final, karena sedang dihitung secara rinci atau fix,” ucap Akhyar, Kamis (16/4/2020).

Ia berharap akhir bulan ini sudah ada perencanaan yang bisa dirilis kepada masyarakat Kota Medan. Sebab, sejak merebaknya penyebaran virus corona di Kota Medan, seluruh aktivitas belajar mengajar dilakukan dari rumah.

Begitu juga dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berencana akan menggratiskan uang sekolah siswa SMA/SMK dan sederajat di Sumut. Namun, Gubernur Edy tidak menyebutkan apakah nantinya uang sekolah gratis itu hanya untuk sekolah negeri atau swasta ikut juga.

Dijelaskannya, pembebasan uang sekolah itu nantinya tidak untuk semua siswa, tetapi hanya untuk siswa dari keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

“Inilah yang sedang kita data,” kata Gubernur Edy, Rabu (15/04/2020).

Gubernur Edy mengatakan tidak adil kalau uang sekolah semua siswa digratiskan. Tetapi akan lebih tepat jika dari keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

“Nanti kalau kita gratisin (semua) anakku juga gratis berarti, anaknya Pak Ijeck gratis juga, ini yang terdampak Covid-19,” tuturnya. (mbisnis)

Komentar di sini

Most Popular

To Top