Daerah

Pengamat Sebut Sosok Perempuan Kristen Merupakan Bacalon Wakil Paling Diminati di Pilkada Kota Medan

Tamil Selvan, Pengamat Sosial Politik Nasional. Foto (istimewa)

Sumutinvest.com – Wabah corona yang menerjang Indonesia menimbulkan wacana penundaan pilkada serentak tahun 2020.

Pada pilkada ini diketahui sedikitnya ada 3 bakal calon kepala daerah dari istana, diantaranya Gibran yang akan maju di pilkada Kota Solo, Bobby Nasution yang akan maju di pilkada Kota Medan, dan Siti Nur Azizah di Kota Tangerang Selatan.

Menangapi rencana penundaan pilkada tersebut, Pengamat Sosial Politik Nasional Tamil Selvan mengatakan bahwa kemampuan management crisis para bacalon diuji dalam kondisi wabah saat ini, terutama para calon dari istana.

“Masyarakat dapat menilai dengan jelas, bagaimana sikap solutif dari para bacalon tersebut, sehingga ini menjadi faktor keterpilihan mereka, terutama para calon dari istana yang memiliki kedekatan emosinal terhadap presiden dan wakil presiden,” ungkap pria yang akrab di sapa Kang Tamil ini kepada awak media, Senin (13/3/2020).

Direktur eksekutif TSJ Circle ini mengatakan bahwa salah satu opini yang tercipta di masyarakat dengan munculnya para calon dari istana ini adalah adanya anggapan kedekatan emosional para bacalon terhadap presiden dan wakil presiden, sehingga daerah yang dipimpinnya akan menjadi daerah prioritas.

“Maka saya katakan ini menjadi pembuktian. Apakah para bacalon istana ini mampu mengolah management crisis dan memberikan solusi, paling tidak ditahap sumbangsih pemikiran, atau mereka justru malah menghindar. Ini menjadi bukti kemampuan mereka, apakah benar mampu memimpin, atau hanya menjual nama besar presiden dan wakil presiden sebagai orang tuanya,” pungkasnya.

Ketika ditanya spesifik mengenai pilkada Kota Medan, Kang Tamil mengatakan bahwa ini kesempatan bagi Bobby untuk membuktikan dirinya.

Kang Tamil mengatakan bahwa stigma di masyarakat menganggap Bobby hanya menjual nama besar Jokowi sebagai mertuanya, jadi ini kesempatan baginya untuk membuktikan apakah dirinya memang mampu memimpin Kota Medan.

“Bobby jangan beralasan bahwa saat ini tidak punya kewenangan karena belum menjabat, justru ini pembuktian bagaimana Bobby dapat mengelola management crisis dari sisinya sebagai bacalon dan mengaplikasikanya ke masyarakat melalui timsesnya,” ujar Kang Tamil.

Saat ditanya calon Wakil Walikota yang berpeluang, Kang Tamil menjawab pihaknya tengah melakukan survei, namun dari opini yang berkembang di lapangan calon perempuan paling diminati.

“Bakal calon walikota yang paling populer saat ini adalah Akhyar Nasution, Ikhwan Ritonga, dan Bobby Nasution, yang semuanya beragama Islam. Sehingga calon wakil walikota yang paling diminati adalah sosok perempuan dan beragama kristen, sehingga mewakili semua kalangan,” tutupnya. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top