Daerah

Sah, PDIP Usung Kembali Dosmar Cabup Humbahas, Hanura-Demokrat Masih 50:50

Dosmar Banjarnahor (kedua dari kanan) saat menerima surat rekomendasi dari PDIP. Foto/Des

Humbahas, Sumutinvest.com – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor diusung kembali oleh Partai PDI Perjuangan sebagai Calon Bupati Humbang Hasundutan bersama pasangannya, Yanto Sihotang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 ini.

Sebelumnya juga, di tahun 2015 partai moncong putih ini juga mengusung Dosmar yang berpasangan dengan Saut Parlindungan Simamora.

Sekretaris DPC Partai PDI Perjuangan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Kepler Torang Sianturi mengatakan Dosmar yang juga Ketua DPC Partai PDI Perjuangan Kabupaten Humbahas dan Yanto diputuskan bersama dari 50 pasangan calon kepala daerah yang akan maju pada pilkada 2020.

Keputusan partai itu, kata dia, sudah final dan diberikan kepada calon-calon termasuk Dosmar Banjarnahor dan Yanto Sihotang.

“Hasil keputusan partai yang ditandatangani oleh Ketua Umum ibu Mega, benar kembali diusung menjadi Calon Bupati dalam pilkada tahun ini,” ujar Kepler saat dihubungi, Rabu (19/2).

Kepler menyebut nama Dosmar diusung kembali karena aspirasi masyarakat yang masih menginginkan Dosmar sebagai Bupati Humbahas periode 2021-2026. Selain itu, kata dia, Dosmar dipercayakan karena dapat mampu membawa PDI Perjuangan berkibar, semisal pada pemilihan legislatif.

“Jadi itulah kemungkinan keputusan partai terhadap Dosmar. Dari keputusan itu, kita sebagai kader di Kabupaten wajib menjalankan dan memenangkan Dosmar,” kata Kepler.

Disinggung, terkait pengunduran diri beberapa kepengurusan anak cabang apakah tidak mengganggu, Kepler mengaku tidak masalah.

Dijelaskannya, dalam pengunduran diri anak cabang beberapa lalu itu pihaknya sudah melakukan perubahaan kepengurusan dengan menetapkan kepengurusan sementara. Dan nantinya, pada bulan April semua kepengurusan mulai anak ranting dan anak cabang akan dikukuhkan sebelum disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Lamberto Manullang, mengatakan bahwa Dosmar adalah kader terbaik yang berhasil menjalankan pemerintahan maupun di partai sendiri. Lamberto menilai, di tangan Dosmar, PDI Perjuangan telah suskses memenangi pemilihan legislatif (Pileg) yang sebelumnya dua kursi menjadi tujuh kursi.

“Kalaupun ada kekurangan itu lumrah dan itu wajar saja,” ujar Lamberto.

Partai PDI Perjuangan ini juga sangat terbuka membangun koalisi dengan beberapa partai lain, untuk memenangkan Dosmar Banjarnahor-Yanto Sihotang pada pilkada 2020 ini.

“Sepanjang satu persepsi memenangkan kandidat dan sesuai program, itu pasti kita terbuka. Dan mudah-mudahan sesuai dengan komunikasi kita dengan partai lain, gambaran ada dan banyak yang kita jalin komunikasi,” kata dia.

Hanura dan Demokrat Masih 50:50

Terpisah, Partai Hanura yang memiliki 4 kursi dan Partai Demokrat yang hanya 1 kursi di DPRD Humbang Hasundutan menanggapi keputusan PDI Perjuangan, masih 50:50 untuk bergabung.

Seperti dikatakan oleh Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Humbahas Bernando Sitohang mengatakan, bahwa bisa jadi partainya akan berkoalisi dengan Partai PDI Perjuangan yang memilih Dosmar Banjarnahor dan Yanto Sitohang dalam pilkada tahun 2020 ini.

“Dalam politik bisa saja Hanura berkoalisi dengan PDI Perjuangan, dikarenakan Dosmar juga mendaftar ke partai,” kata Bernando.

Namun, untuk saat ini pihaknya belum dapat mengambil sikap dikarenakan masih dalam proses survei.

“Jadi kita masih proses survei untuk saat ini kepada 4 calon bupati yang mendaftar, termasuk salah satu calon wakil. Namun, tidak tertutup kemungkinan gabung dengan PDIP,” tegasnya.

Senada juga, kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Bresman Sianturi. Menurut Bresman, tidak tertutup kemungkinan partainya akan meminang Dosmar jika sudah keputusan Partai.

“Bisa ya bisa tidak, tergantung kepada keputusan pusat,” tegas Bresman. (SI/Des)

Komentar di sini

Most Popular

To Top