Pendidikan

Nadiem Makarim Gandeng Netflix Kibarkan Perfilman Indonesia

Jakarta, Sumutinvest.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI baru-baru ini menjadi trending topic di media sosial. Pasalnya, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Indonesia menggandeng Netflix yang merupakan penyedia layanan media streaming digital untuk bekerja sama.

Nadiem makarim melakukan kerja sama resmi dengan Netflix dalam rangka menumbuhkan perfilman Indonesia. Kemitraan ini berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif yang meliputi penulisan kreatif (creative writing), pelatihan pasca-produksi serta kompetisi konsep cerita untuk film pendek.

Partnership yang kita luncurkan hari ini adalah langkah awal yang memiliki fokus menunjukkan betapa hebatnya sineas Indonesia di kancah dunia,” kata Nadiem di Gedung Kemendikbud, Rabu (9/1/2020).

Pada Maret 2020 ini, akan mengadakan pelatihan terhadap 15 orang penulis naskah (script writer) film terpilih akan diberangkatkan ke Hollywood untuk selanjutnya dilatih dalam penulisan cerita film di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Selain itu, akan ada workshop dengan mengundang 100 peserta penulis naskah yang menghadirkan beberapa ahli dan mitra dari Netflix. Workshop ini mengenai pengembangan cerita dan penulisan cerita dan penulisan skenario sekaligus pelatihan pasca-produksi di Jakarta.

Untuk mewujudkan kemitraan ini, Netflix bahkan menggelontorkan investasi sejumlah $1 juta setara Rp14 miliar melalui beberapa inisiatif.

“Kerja sama ini bisa membantu meningkatkan kapasitas dan membuka potensi Indonesia. Ini juga bisa membantu memamerkan budaya Indonesia di tingkat dunia,” ungkap Nadiem.

Ia mengatakan, fokus kerja sama menitikberatkan pada penulisan naskah, karena penulisan cerita merupakan fundamental yang penting. Sebab, film yang baik diawali dengan penulisan serta kerangka cerita yang baik pula.

Nadiem berharap Indonesia bisa menjadi tempat syuting paling laku di dunia. Sehingga bisa memamerkan budaya Indonesia, industri perfilman Indonesia. Oleh sebab itu, dibutuhkan platform distribusi seperti Netflix.

Sementara itu, Managing Director Netfilx Asia Pasific, Kuek Yu-Chuang menyambut sangat baik dari pemerintah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan saat peresmian kerja sama dengan Kemendikbud di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1/2020).

Kuek Yu-Chuang mengatakan pihaknya sangat bersemangat dengan investasi sebesar $1 juta yang telah dikeluarkan untuk proyek kerja sama ini. Ia mengakui peresmian kerja sama hari ini merupakan kesempatan besar untuk dapat menampilkan kisah-kisah otentik dari Indonesia yang akan menarik minat, tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga dunia.

Perlu diketahui, Netflix hadir di Indonesia sejak 7 Januari 2016. Layanan ini banyak disukai masyarakat Indonesia khususnya para milenial saat ini. Lantaran, Netflix memberikan layanan serupa dengan TV berlangganan yang hanya melalui Smartphone (ponsel pintar). (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top