Daerah

Butuh Satu Tahun, Terminal Amplas Akan Direvitalisasi Seperti Mal

Medan, Sumutinvest.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi Terminal Terpadu Amplas Medan menjadi terminal yang lebih modern dengan beragam fasilitas. Diketahui, revitalisasi terminal ini telah dialokasikan APBN sebesar Rp 40 triliun. Selain itu, pihak swasta juga akan bekerja sama dalam pengembangan terminal tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya, terminal bus akan menjadi seperti mal yang dilengkapi dengan fasilitas hotel. Dimana para pengunjung yang datang tidak hanya transit dan naik bus saja, tetapi juga bisa beristirahat di terminal.

“Kita memiliki anggaran untuk membuat ini, dan kita jadikan juga tempat ini sama baiknya dengan mal. Kita kerja sama dengan pihak swasta, kita bikin semacam mal,” ucap Menhub saat di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Menhub berharap dengan revitalisasi ini semakin dapat meningkatkan kualitas pelayanan di terminal yang telah diserahkan pengelolaannya kepada Kemenhub dari Pemda pada Juli 2019 lalu.

“Di masa datang kita ingin angkutan massal seperti bus menjadi angkutan yang utama. Untuk itu, terminal Amplas ini harus diperbaiki secara bertahap. Rencana perbaikan adalah satu tahun,” kata Budi Karya.

Selain itu, untuk pengembangan terminal bus, Menhub juga akan menerapkan sistem baru yakni sistem penjualan tiket bus secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan dan calo serta memudahkan masyarakat saat membeli tiket.

“Di Jakarta khususnya, kita menargetkan pada saat lebaran sudah online semuanya. Pak Wali dan Pak Wagub mungkin bisa mulai begitu. Katakanlah belum bisa masuk sini, pembelian itu sebaiknya online,” pintanya.

Ia menyebutkan, sistem pembelian tiket online ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi level of service menjadi lebih baik. Dengan sistem tersebut diharapkan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top