SI Bisnis

PD RPH Kota Medan dan Kadin Sumut Teken MOU Impor Sapi Potong & Pembangunan RPU

Ketum Kadin Sumut Khairul Mahalli (kiri) dan Dirut PD. RPH Kota Medan Ainal Mardiah, SP.d, M.Si (kanan) menandatangani MoU, Senin (16/12/2019). Foto Dok/KM

Sumutinvest.com, Medan – Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD. RPH) Kota Medan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin Sumut dalam rangka impor sapi potong siap potong dan pembangunan rumah potong unggas (RPU) di Medan, Senin (16/12/2019).

Dari pihak RPH, hadir Ainal Mardiah, SP.d, M.Si selaku Direktur Utama PD Rumah Potong Hewan Kota Medan beserta jajarannya. Sedang dari Kadin Sumut dihadiri Ketua Umum Kadin Sumut Khairul Mahalli beserta jajarannya.

Dalam nota kesepahaman tersebut, RPH sebagai pihak pertama ditandatangani oleh Ainal Mardiah dan Kadin Sumut sebagai pihak kedua oleh Khairul Mahalli.

Beberapa kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman mereka yaitu pihak pertama merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemko Medan memiliki tugas pokok di bidang pemotongan hewan, pengadaan ternak potong, pemeriksaan hewan hidup dan pemeriksaan daging baik untuk daging yang dipotong di RPH Medan maupun daging yang berasal dari luar wilayah kota Medan yang masuk ke kawasan kota Medan.

Pihak kedua adalah lembaga atau badan yang menaungi pelaku usaha di wilayah Sumut. Pihak kedua melakukan kegiatan pengadaan, penggemukan, dan pemerasan sapi siap potong di lingkungan RPH.

Pengurus PD RPH Kota Medan berfoto bersama pengurus Kadin Sumut, Senin (16/12/2019). Foto Dok/KM

Sementara itu, pihak pertama memberi izin pemakaian fasilitas milik RPH kepada pihak kedua. Pihak kedua berhak memakai dan menjaga fasilitas yang diberikan dengan baik

Pihak kedua melakukan revitalisasi infrastruktur milik RPH dengan menggunakan anggaran milik kedua dan tidak membebankan biaya apapun ke pihak pertama dan setelah kerjasama berakhir maka fasilitas infrastruktur tersebut menjadi milik pihak pertama

Selanjutnya, pihak pertama mendukung dalam hal penegakan regulasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan nota kesepahaman ini. Pihak kedua membentuk/menunjuk suatu perusahaan pelaksana dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan nota kesepahaman ini

Pihak kedua juga akan memprioritaskan tenaga kerja dari RPH ketika akan merekrut tenaga kerja untuk segala kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan pelaksana yang akan dibentuk.

Sedang bagian akhir adalah adapun fasilitas seperti ruang pemotongan dan kandang istirahat (yang berada di belakang ruang pemotongan) milik RPH masih dapat dipergunakan oleh masyarakat umum sebagai bentuk pelayanan publik RPH. Nota kesepahaman ini berlaku selama 1 tahun sejak tanggal ditandatangani oleh pihak RPH dan Kadin Sumut.

Pada kesempatan yang sama juga, PD. RPH dan Kadin Sumut menandatangani nota kesepahaman dalam rangka pembangunan rumah potong unggas (RPU).

Salah satu pada butir kesepakatan tertulis yaitu pihak kedua dalam hal ini Kadin Sumut berhak melakukan kegiatan usaha pemotongan dan pemasaran ayam potong  di bawah naungan PD. RPH Kota Medan.

Juga, Kadin Sumut melakukan pembangunan dan atau pengadaan sarana dan prasarana RPU di tujuh titik di wilayah Kota Medan. (*)

 

 

 

Komentar di sini

Most Popular

To Top