Daerah

BI Sumut Sediakan Dana Rp3,17 T Untuk Natal dan Tahun Baru

Medan, Sumutinvest.com – Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (BI Sumut) menyiapkan dana sebesar Rp3,17 triliun guna mempersiapkan hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Jika dibandingkan dengan tahun 2018 sebesar Rp2,97 triliun, tahun ini jumlah dana meningkat sekitar 14 persen.

Adapun dana tersebut terbagi atas Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp2,71 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp456 miliar.

Kepala BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan jumlah dana yang disiapkan sesuai dengan perkiraan kebutuhan uang kartal masyarakat Sumut untuk Natal dan Tahun Baru.

“Untuk mempersiapkan layanan kas dalam pemenuhan uang kartal, BI juga bersinergi dan berkoordinasi dengan perbankan, SKPD, pengelola pasar dan tempat-tempat keramaian untuk memastikan kegiatan transaksi tunai berjalan dengan lancar,” ucapnya, Rabu (11/12/2019).

Saat ini, BI Sumut menyediakan penukaran uang kecil yang bekerja sama dengan perbankan dan BPR di 113 titik layanan. Kemudian, layanan penukaran oleh perbankan di 56 loket bank di Medan.

Selanjutnya, layanan penukaran uang oleh perbankan di 10 loket bank luar Kota Medan yaitu Kabanjahe dan Pangkalan Brandan, layanan penukaran uang di 28 BPR/S, layanan kas keliling oleh BI dan perbankan di 11 titik layanan di Kabupaten Karo dan Dairi.

“Namun, kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi, dengan meneliti ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan metode 3D yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang,” kata Wiwiek.

Selain itu, BI Sumut juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga dan merawat uang rupiah dengan metode “5 Jangan”  yaitu Jangan dilipat, Jangan dicoret-coret, Jangan distapler, jangan diremas dan jangan dibasahi.

BI Sumut memastikan untuk mengoptimalkan layanan uang tunai tersebut. Serta, berharap kegiatan ekonomi masyarakat pada Natal dan Tahun Baru dapat berjalan lancar dan aman. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top