SI Hotnews

Pencuri Uang Pemprov Sumut Rp 1,6 Miliar Ditangkap

Medan, Sumutinvest.com – Terkait hilangnya uang milik Pemprov Sumut sebesar Rp1,6 miliar mulai terkuak. Dikabarkan, Polisi telah menangkap 4 dari 6 tersangka pelaku pencurian tersebut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengakui adanya penangkapan terhadap pelaku pencurian uang itu. Namun dia tidak mau merincinya lebih jauh.

“Iya ada beberapa (yang ditangkap). Nanti kita ekspos,” katanya, Selasa (24/9).

Berdasarkan informasi yang beredar, keempat tersangka ditangkap di kawasan Riau. Keempatnya yakni NS (36), warga Parbuluan, Dairi; NDS (41), warga Bengkalis, Riau; MHS (22), warga Siborong-borong, Humbang Hasundutan; dan IHN (39), warga Medan Helvetia, Medan. Masih ada dua tersangka lain yang diburu petugas, keduanya yakni dengan inisial T dan P.

MHS dan IHN disebut sebagai residivis kasus pencurian. Dalam penangkapan, IHN ditembak pada bagian kaki. Meski laporan mengenai penangkapan keempat orang itu sudah beredar lengkap dengan kronologinya, namun polisi belum bersedia memberikan pernyataan resmi.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) menonaktifkan tiga pejabat di lingkungan Pemprov Sumut, terkait peristiwa hilangnya uang Rp1,6 miliar milik Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setdaprov Sumut di pelataran parkir Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (9/9). Penontaktifan itu dilakukan untuk memudahkan pemeriksaan internal yang sedang dilakukan oleh Inspektorat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menjawab pertanyaan wartawan, Senin (23/9), di Kantor Gubernur Sumut.

“Pemeriksaan internal oleh Inspektorat terkait hilangnya uang tersebut terus berjalan. Untuk memudahkan hal itu, Gubernur sudah menonaktifkan tiga orang pejabat,” ujar Wagub.

Disebutkannya, tiga orang pejabat yang dinonaktifkan itu adalah Raja Indra Saleh sebagai Sekretaris BPKAD yang juga Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKAD, Fuad Perkasa sebagai Kabid Pengelolaan Anggaran BPKAD dan Henri Pohan sebagai Kasubbid Pengelolaan Anggaran I BPKAD. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top