Daerah

OJK: BPR Terus Berkembang Jawab Tantangan Zaman

Sumutinvest,Medan – Insan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terus berkembang dan menjawab tantangan zaman, khususnya di bidang keuangan dan perbankan.

Saat ini yang bisa menjawab tantangan untuk menjadikan BPR/BPRS sebagai salah satu industri jasa keuangan yang tumbuh berkembang serta memberi kontribusi ekonomi bagi masyarakat dan daerah hanyalah insan BPR/BPRS itu sendiri

Hal itu dikemukakan Kepala Otoritad Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut diwakili Deputi Pengawasan Perbankan, Uzer Syah dalam sambutannya ketika membuka Pendidikan Calon Pimpinan BPR (PCPB) angkatan ke XVII PT Nusantara Bona Pasogit (NBP) Grup, di Hotel Thong’s Inn Kualanamu, Kamis (5/9/2019).

Dia menyebutkan, saat ini terdapat 62 BPR/BPRS di Sumut terdiri 54 BPR dan 8 BPRS dengan 157 jaringan kantor telah menyerap 2004 tenaga kerja.Bisa dibayangkan jika industri BPR/BPRS tumbuh subur dan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian akan dapat menurunkan angka pengangguran di daerah ini.

“Kami mengapresiasi PT NBP Grup selaku holding dari 33 BPR yang consern dalam pengembangan kualitas SDM BPR dimilikinya. Ini terbukti program PCPB telah berlangsung hingga angkatan 17,” kata Uzer Syah.

Dia juga berharap program pendidikan PCPB tersebut dapat bersinergi dengan program pengembangan kapasitas yang diadakan oleh DPD Perbarindo Sumut.

Direktur Utama PT NBP Grup, Chariansyah mengatakan PCPB didesain secara khusus untuk menciptakan kader yang dipersiapkan menjadi pimpinan.Dia menilai pengkaderan calon pimpinan sangat penting sebagai jembatan mempersiapkan regenerasi.

Menyinggung perkembangan teknologi, Chariansyah mengakui telah mempengaruhi sistem ekonomi yang disebut Economy Base Internet.Hampir semua kegiatan bisnis dewasa ini menggunakan internet termasuk industri keuangan yang di dalamnya ada BPR.

“Justru BPR-BPR NBP harus melakukan terobosan, inovasi sekaligus transformasi terhadap kegiatan bisnisnya sehingga tidak ditinggal oleh customernya. Kehadiran finansial technologi (Fintech) juga memberi warna tersendiri dalam finansial masyarakat yang sama dengan segmen BPR,” ujarnya pada acara dihadiri Direksi NBP Magus Sitindaon, Martogi Nainggolan, Ketua Forum Pengurus BPR NBP Gindo Sitompul dan Kepala Perwakilan NBP, Jona Sitepu. 

Ketua DPD Perbarindo Sumut, Syafruddin Siregar menilai PCPB ke XVII luar biasa.Ini suatu kelebihan NBP yang perlu ditiru. Kalau diperbolehkan BPR lain bisa ikut PCPB.

”Saya melihat pengembangan SDM di NBP sangat konsisten. Kita harapkan betul-betul ada terobosan, inovasi dan transformasi. Jika tidak akan terlindas,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana, Endo Yunarto sebelumnya melaporkan kegiatan PCPB bertema “Terobosan, Inovasi dan Transformasi” yang berlangsung selama 27 hari diikuti 32 peserta.Tujuannya untuk meningkatkan teknis operasional BPR, kompetensi SDM, kemampuan beradaptasi serta menciptakan calon pemimpin yang memiliki integritas tinggi dan unggu. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top