SI Bisnis

Kadin Sumut-Danamart Teken Kerjasama Kembangkan UMKM

Ketum Kadin Sumut Khairul Mahalli (kedua dari kiri) dan CEO Danamart Patrick Gunadi sedang menandatangani kerjasama disaksikan WKU Kadinsu Syafruddin Siregar dan WKU Irwansyah. Foto Dok. Khairul Mahalli

Sumutinvest.com, Medan – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara menggandeng PT Dana Agung Nusantara (Danamart), salah satu perusahaan finansial technologi (fintech) untuk menumbuhkembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya dalam pembiayaan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak yang diteken pada acara Modal Kerja Di Era Digital, Fintech Sebagai Solusi Penambahan Modal Secara Instan, di Medan Club, Jalan Kartini, Medan, Rabu (24/7/2019).

MoU diteken langsung oleh Ketua Umum Kadin Sumut, Khairul Mahalli dan CEO PT Danamart, Patrick Gunadi.

Penandatanganan MoU disaksikan Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Sumut Bidang Perbankan Syafruddin Siregar dan Wakil Ketua Umum Kadin Sumut Bidang Hubungan Luar Negeri Irwansyah dan ratusan pelaku UMKM di wilayah Sumut.

Khairul mengatakan melalui kerja sama tersebut pihaknya menawarkan kepada pelaku UMKM untuk mendanai usaha secara mudah dan cepat dengan bunga modal yang relatif bersaing.

Menurut Khairul, Kadin sebagai wadah pelaku usaha akan melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkembangkan UMKM.

Sementara itu, Patrick Gunadi berjanji akan membantu pelaku usaha anggota Kadin Sumut yang membutuhkan pembiayaan usaha dengan persyaratan lunak. Disebutkannya, Danamart siap menyediakan pembiayaan maksimal Rp 2 miliar dengan bunga dana 18% per tahun.

Ia menambahkan, pendanaan modal kerja melalui fintech saat ini tengah tumbuh pesat. Hal itu disebabkan kemudahan prosesnya.

Pada acara itu, pihak Danamart mensosialisasikan tata cara mendapatkan pembiayaan dari perusahaan pinjaman online tersebut. Pelaku UMKM cukup mengunggah dokumen, legalitas, hingga penandatanganan dokumen yang dilakukan secara digital hingga dapat memangkas waktu.

“Kerjasama dengan Kadin Sumut ini adalah bentuk dedikasi Danamart dalam mendukung dan membantu UMKM di wilayah Sumut. Medan merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia yang juga merupakan kota Perdagangan, bisnis dan industri yang memiliki peran penting,” kata Patrick.

Hingga saat ini, tambahnya, Danamart telah menyalurkan dana untuk sektor UMKM lebih dari Rp 40 miliar di seluruh Indonesia di berbagai sektor. (tio)

 

Komentar di sini

Most Popular

To Top