Wisata

Sumut Miliki Wisata Air Terjun Eksotis Bahkan Tertinggi di Indonesia!

Medan, Sumutinvest.com – Sumatera Utara (Sumut) punya banyak objek wisata eksotis yang layak untuk dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya wisata air terjun di Sumut. Pemandangan air terjun yang unik dan mempesona, bisa kamu jadikan opsi untuk liburan.

Berikut daftar air terjun di Sumut yang wajib dikunjungi, salah satunya tertinggi di Indonesia lho!

  1. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna yang berada di kawasan Bumi Perkemahan Sibolangit, Desa Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang menjadi air terjun yang cukup fenomenal. Mendengar namanya saja, wisatawan sudah menebak bahwa objek wisata tersebut memiliki dua warna.

Air terjun utamanya memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter. Di sisi kanan dan kirinya juga tampak air mengalir dari celah-celah tebing di ketinggian sekitar 5 hingga 15 meter. Air sungainya pun memiliki dua area, satu bewarna biru dan satu lagi bewarna abu-abu.

Namun, untuk mendapatkan keindahan air terjun ini, Anda harus tracking sekitar 4 jam, melewati hutan dan menyeberangi sungai. Pengalaman dan keindahan yang tak terbayarkan.

  1. Air Terjun Panas Tinggi Raja

Air Terjun Panas Tinggi Raja, di Desa Dolok Tinggi Raja Silau Kahean, Simalungun yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan di tengah Sungai Bah Malas.

Air Terjun Panas juga menjadi objek foto yang paling diminati, karena bentuknya seperti bukit salju yang memiliki warna putih dari batu kapur, warna hijau yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut dan dilewati air panas, serta warna kuning dari batu yang dilewati air panas tapi tidak terendam air sungai.

Wisatawan yang ingin berkunjung wajib berangkat lebih pagi bersama rombongan. Mengapa? karena letak air terjun ini berada di hutan yang jauh dari rumah penduduk, tidak ada bus atau kendaraan.

  1. Air Terjun Satu Hati

Air Terjun Satu Hati, Sibolangit, untuk menjangkaunya harus turun ke bawah dari tebing yang cukup tinggi dan curam. Perjalanan menuju air terjun menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dengan melewati perkebunan kopi penduduk, juga hutan belantara.

Tapi, jangan takut. Meski di tengah hutan, penduduk di sana menyediakan pondok dari bambu dan tanaman bunga serta hiasan batang pohon yang dijadikan tempat bagi wisatawan untuk melepas lelah.

  1. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso yang cukup terkenal di wisatawan lokal dan mancanegara ini juga cukup jauh dari Medan. Perjalanan dari Medan menuju lokasi air terjun Sipiso-piso memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Tapi Anda masih belum bisa menikmati air terjun secara langsung. Karena anda harus menuruni anak tangga sebanyak 1020 untuk sampai ke depan air terjun setinggi 120 m itu.

Meski terkesan melelahkan, tapi perjalanan menuju air terjun tidak akan terasa lama, karena sepanjang jalan pengunjung bisa langsung menikmati indahnya air terjun. Dan tak terasa, Anda akan sampai pada air terjun dengan riak air berwarna putih, lurus tampak seperti pisau sesuai dengan arti dari Sipiso-piso dalam bahasa Karo.

  1. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Air Terjun Ponot memiliki ketinggian hingga 250 meter dan memiliki tiga undakan air terjun.

Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut. Dengan ketinggian seperti itu, tak heran jika air terjun ini ditetapkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debit airnya yang sangat deras. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot. (SI/Tribmedan)

Komentar di sini

Most Popular

To Top