Daerah

Pemprov Sumut Segera Bangun PDU Sampah dan Alat Monitor Kualitas Air Danau Toba

Medan, Sumutinvest.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah dan alat monitor online kualitas air Danau Toba.

Demikian diungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Binsar Situmorang kepada awak media di Press Room, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Rabu (29/5/2019).

Binsar mengatakan untuk pengurangan dan penanganan sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) dibangun pusat daur ulang di Desa Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan dan Kabupaten Labuhan Batu. Pembangunan fisiknya sudah selesai, itu akan segera beroperasi.

Selain itu, DLH Sumut juga membangun alat monitoring kualitas air (online water monitoring system) untuk Danau Toba. Diperkirakan Juli 2019, alat ini sudah bisa bekerja.

Online water monitoring system dipasang di Desa Mogang, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir dan akan mengirimkan data sampel kualitas air Danau Toba ke DLH.

“Kita juga sudah menginstalasi online water monitoring system untuk Danau Toba di Desa Mogang, Kabupaten Samosir. Alat ini bisa bekerja online, mengirim data sampel air Danau Toba kepada pemerintah segera, karena dia berbasis online. Ini perlu, agar kita bisa langsung mengambil tindakan cepat sebelum terjadi kerugian yang lebih besar seperti sebelum-sebelumnya,” jelas Binsar.

Binsar juga memaparkan ada empat poin yang menjadi fokus DLH Provinsi Sumut dari tahun 2018-2023, mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD Provinsi Sumatera Utara. Empat poin tersebut yaitu Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), Indeks Kualitas Air, Indeks Kualitas Udara dan Indeks Kualitas Tutup Lahan. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top