SI Inspirasi

PHDI Sumut Akan Melaksanakan Vaisakhi Ke-320

Jakarta, Sumutinvest.com – Parisada Hindu Dharma Indonesia Propinsi Sumatera Utara dibawah kepemimpinan S. Siwaji Raja, ST kembali melaksanakan program baik demi menjunjung tinggi Dharma Agama dan Persatuan Antar Etnis Dalam Hindu.

Kali ini akan dilaksanakannya Perayaaan Vaisakhi yang mayoritas dilaksanakan umat Hindu Etnis Sikh, Pada Tanggal 14 April 2019 di Gurdhawara The Perbandak Commite Khalsa.

Siwaji Raja didampingi Ketua PHDI Kota Medan Saudara Surya, menjelaskan bahwa Visakhi atau Vaisakhi, adalah Festival yang dirayakan di seluruh benua India Utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh.

Baru-baru ini, festival ini juga dirayakan di seluruh dunia dimana ada perayaan kaum Sikh. Bagi masyarakat Sikh, festival ini memperingati pembentukan Khalsa.

Festival ini dikenakan penting bagi kalangan Sikh karena pada Hari Vaisakhi yaitu pada tahun 1699, Guru Sikh ke-10, Guru Gobin Singh meletakkan dasar dari Khalsa yaitu Orde Pure Ones.

Maka Vaisakhi Hari ini adalah Perayaan Vaisakhi Ke 320 ( 2019 – 1966 ), perayaan tersebut juga disamakan sebagai hari syukuran oleh petani, dimana petani membayar upeti, berterima kasih pada Tuhan untuk panen yang melimpah dan berdoa untuk kemakmuran masa depan.

Vaisakhi adalah salah satu festival penting yang dirayakan dengan menyenangkan dan semangat oleh orang-orang dari agama lain juga.

Untuk umat Hindu Vaisakhi dirayakan pada awal Tahun Baru, dan dirayakan dengan ketentuan mandi, berpesta, dan beribadah. Diyakini bahwa ribuan tahun yang lalu, Dewi Gangga turun ke bumi. Dan sebagai tanda hormat kepadanya, banyak orang Hindu berkumpul di sepanjang tempat keramat yaitu Sungai Gangga untuk mandi ritual.

Festival ini berpusat di kota-kota suci sepanjang Sungai Gangga di India utara. Tanaman tiang Hindu (dibungkus dalam bendera sutra bersulam emas) di depan rumah mereka, dan menggantung pot kuningan, tembaga atau perak di atas.

Ketua Gurdhawara The Parbandak Commite Khalsa, Saudara Sarban Singh, menyambut baik, niat tulus dari keluarga besar Parisada Hindu Dharma Indonesia Propinsi Sumatera Utara dibawah kepemimpinan S. Siwaji Raja, ST, hal demikian merupakan sejarah baru bagi kami atas kerjasama yang akan dilaksanakan diperayaan Vaisakhi ini.

Harapan kami Parisada Hindu Dharma Indonesia Propinsi Sumatera Utara, dapat terus bersinergi terhadap program program perayaan dan upacara kami yang etnis Sikh ini. Dan tidak lupa kami sampaikan rasa terimakasih kami yang sedalam-dalamnya kepada S. Siwaji Raja, ST selaku pimpinan Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Sumatera Utara, yang telah berpartisipasi terhadap acara tersebut berupa moral dan materi. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top