Wisata

FDT 2018 Dibuka, PHRI Harap Investor Tertarik Berinvestasi di Sektor Pariwisata

Medan (Sumutinvest.com) – Festival Danau Toba (FDT) 2018 yang diselenggarakan di Desa Silalahi I, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara telah dibuka sejak kemarin, Selasa (4/12/2018).

Saat ini, di Dairi hanya ada 150 kamar hotel dan 15 homestay dengan kapasitas masing-masing 5 kamar.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana mengungkapkan bahwa dirinya tidak update mengenai tingkat hunian hotel di Dairi berkaitan dengan penyelenggaraan FDT 2018, karena tidak memiliki cabang di sana.

Menurutnya, dengan terbatasnya hotel di Dairi, berharap ke depannya akan ada investor yang tertarik berinvestasi untuk membangun hotel, restoran atau fasilitas yang mendukung pariwisata lainnya.

“Karena pasti Dairi punya nilai positif di pariwisatanya,” katanya.

Apalagi, Danau Toba sudah menjadi salah satu prioritas tujuan wisata di Indonesia. Namun yang paling penting adalah, bagaimana penyelenggaraan FDT ke depan bisa dilakukan secara pasti dengan adanya kalender even yang tetap.

“Jika penyelenggaraan di bulan Desember, maka di tahun berikutnya juga harus di bulan Desember. Ketetapan waktu menjadi penting mengingat untuk wisatawan mancanegara selalu menjadwalkan tujuan wisatanya sejak jauh-jauh hari” ungkapnya lagi.

Mengenai berpindahnya lokasi penyelenggaraan FDT, menurutnya, tidak menjadi masalah mengingat Danau Toba dikelilingi oleh 7 kabupaten, seperti Karo, Dairi, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Samosir.

Intinya, pihaknya berhadap pemerintah kabupaten masing-masing memiliki standar bagaimana tujuan FDT mendatangkan wisatawan lebih banyak sesuai dengan target yang sudah dicanangkan. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top