Daerah

Kadin Sumut Fokus Tumbuhkan UMKM

Khairul Mahalli (tengah), Ketua Umum Kadin Sumut saat memberi sambutan di acara Rapat Program Kadin Sumut dihadapan perwakilan Kadin se-Sumut, Selasa (6/11/2018) di Medan

Medan (Sumutinvest) – Kamar Dagang dan Industri Indonesia Sumatera Utara (Kadin Sumut) menyatakan akan fokus menumbuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Ketua Umum Kadin Sumut Khairul Mahalli di acara Rapat Pleno Kadin Sumut, Senin (5/11/2018) di Medan.

Pada kesempatan itu, Khairul didampingi oleh CH Idham Dalimunthe Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Pembinaan Daerah Kadin Sumut serta para pengurus Kadin Sumut lainnya dan pengurus Kadin Kabupaten/Kota se-Sumut.

“Kadin Sumut akan fokus untuk menumbuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM,” ujarnya kepada Sumutinvest.com usai acara.

Khairul menjelaskan UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM ini. Buktinya, sambung Khairul, UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.

Perhatian tinggi yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.

Menurut Khairul, setidaknya, ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Tiga peran tersebut adalah pertama, sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan. Peran UMKM penting yang pertama adalah sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan. Alasan utamanya adalah, tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM.

Peran kedua adalah sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil. UMKM juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.

Kemudian peran ketiga yaitu memberikan pemasukan devisa bagi negara. Peran UMKM berikutnya yang tidak kalah penting adalah memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Saat ini, UMKM Indonesia memang sudah sangat maju. Pangsa pasarnya tidak hanya skala nasional, tapi internasional.

Khairul mengatakan dirinya tidak menampik bahwa berbagai kendala yang dialami UKM yakni belum adanya keberpihakan regulator, rendahnya akses permodalan dan akses pasar, terhimpit serbuan produk impor dan tidak bisa kompetitif dengan pengusaha besar. Untuk mendorong kebijakan yang berpihak bagi UMKM, Khairul menekankan Kadin Sumut siap menjadi rumah besar bagi para pelaku UMKM dan fokus pada program-program yang mendorong peningkatan UMKM.

Selain itu, Kadin Sumut juga akan mendorong agar dilakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan jumlah pengusaha kecil menengah serta mendorong UMKM bernilai ekonomi tinggi dan berorientasi pada teknologi. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top