Inspirasi

6 UMKM Sumut Terima Penghargaan Siddhakarya

Sumutinvest.com, Medan. Keenam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumut mendapatkan penghargaan Siddhakarya dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut). Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung pada Kamis (1/11), di Hotel Garuda Plaza, Medan.

Para UMKM Sumut tersebut dinilai memiliki produktivitas yang baik. Keenam UMKM penerima penghargaan tersebut meliputi Choco Bakery (Medan), Cepat Laris Bakery (Medan), Kyan Ulos (Pematangsiantar), Origin atau PT Anugrah (Deliserdang), Anggrek Bulan (Asahan), dan Farhan Bakery (Simalungun).

Sebelumnya, penghargaan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat provinsi yang diberikan oleh Gubernur setiap tahun genap.

Selain itu, Pemprovsu juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah yang dinilai berhasil membina para pelaku UMKM terpilih, yaitu Walikota Medan, Bupati Simalungun, Bupati Asahan, Walikota Pematangsiantar dan Bupati Asahan.

Penghargaan Siddhakarya tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, kepada pelaku UMKM terpilih.

“Saya berharap prestasi saudara sekalian bukan hanya dapat dipertahankan, melainkan harus ditingkatkan,” kata Sekda.

Para pelaku UMKM yang memperoleh penghargaan diharapkan bisa menjadi pionir dalam pengembangan UMKM di masa depan.

Peningkatan produktivitas harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Selain itu penghargaan tersebut juga diharapkan dapat memberikan semangat kerja yang lebih tinggi bagi para pelaku UMKM.

“Hal itu untuk meningkatkan kualitas, sehingga mampu berdaya saing di dunia internasional,” katanya.

Sabrina juga mengimbau kepada para penerima penghargaan, agar dapat menularkan semangat untuk meningkatkan produktivitasnya. Hal tersebut bukanlah persaingan, melainkan penggabungan agar Indonesia, khususnya Sumatera Utara di bidang UMKM jadi lebih kuat.

“Dalam globalisasi, usaha sekecil apapun harus mempunyai suatu kekompakan untuk meningkatkan daya saing produk. Kalau kita kecil kan lemah, beda kalau kita bersama-sama,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut Harianto Butar-Butar mengatakan keenam pemenang akan diajak mengikuti semacam kursus singkat di Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk peningkatan dalam rangka meraih penghargaan Primakarya di Jakarta tahun 2019.

Sedangkan penghargaan Primakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia setiap tahun ganjil.

“Supaya ke depan lebih meningkat lagi, pengusaha ini kita bawa ke Jakarta untuk mengikuti semacam kursus singkat, supaya dapat terpilih dalam penghargaan Paramakarya tahun depan,” ungkapnya.

Harianto mengharapkan ke depan, UMKM bisa berkembang di daerah ini. Juga bisa bersaing dengan daerah lain, bahkan internasional dengan menggunakan potensi yang ada di Sumut. [SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top