Daerah

Festival Danau Toba 2018 Akan Digelar di Kabupaten Dairi

Sumutinvest.com, Medan. Menjelang acara tahunan Sumatera Utara (Sumut) yaitu Festival Danau Toba (FDT) yang digelar pada tanggal 4-9 Desember 2018 mendatang. Acara tersebut akan diselenggarakan di Desa Silalahi 1, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Sebelumnya, Festival Danau Toba merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga. Lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba. Acara ini bertujuan untuk menyatukan bangsa karena budaya merupakan alat yang sangat strategis dalam memperkuat persatuan bangsa sekaligus mengenalkan keajaiban Danau Toba ke seluruh dunia.

Tahun lalu, hingga 2.227 orang dilaporkan ikut ambil bagian di acara Karnaval Pesona Danau Toba 2017. Peserta ini terdiri dari anggota masyarakat, seniman dan perwakilan dari delapan kabupaten di Danau Toba.

Festival Danau Toba menyajikan karnaval budaya di Balige, pesta rakyat, parade perahu di Danau Toba, pertunjukan musik, pertunjukan tari, opera Batak, food truck dan festival makanan. Tak hanya itu, ada juga festival akustik, pertunjukan martumba dan uning-uningan.

Dengan informasi yang masih simpang siur. Menurut pemerhati Danau Toba dari Perhimpunan Jendela Toba, Mangaliat Simarmata, mengatakan FDT 2018 terkesan sekedar dibuat, intinya proyek terlaksana karena sudah dianggarkan dan ditetapkan sebagai kalender event Sumut.

“Event wisata seperti FDT ini mestinya jauh harus sudah diagendakan dan disiarkan ke publik, lengkap dengan materi yang mau disuguhkan” ungkapnya, Senin (22/10).

Seperti diinformasikan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi sudah siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) tahun 2018 yang direncanakan digelar 4-9 Desember 2018.

Hal tersebut dikatakan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) juga Kepala Seksi (Kasi) Kebudayaan dan Lembaga Adat, Siswati Solin, Kamis (9/10/2018).

Dijelaskan Siswati, FDT akan dipusatkan di Kecamatan Silahisabungan. Panggung utama akan didirikan di lapangan Desa Silalahi 1. Lokasi pameran di kompleks Tugu Silalahi. Sementara permainan air akan dilaksanakan di Pantai Situngkir.

Selain itu, akan dibuat 1.000 lampion di pantai, lomba layang-layang, lomba menombak ikan, teathtrikal batu sigadap, lomba foto dalam kegiatan itu akan dilibatkan semua komunitas. Untuk mendukung kegiatan FDT, Pemkab Dairi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,3 miliar.

Dengan adanya Festival Danau Toba setiap tahunnya, berharap wisatawan dalam negeri maupun mancanegara semakin tertarik mengunjungi Danau Toba yang termasuk dalam 10 destinasi prioritas kementerian pariwisata dan saat ini.

Beberapa pembangunan infrastruktur sedang direncanakan dan sedang dilakukan  pengembangan jalan tol dari Pematangsiantar ke daerah Danau Toba di Parapat yang dimulai tahun 2018 dan pengembangan Bandara Silangit. Penerbangan langsung saat ini tersedia dari Singapura, Kuala Lumpur, Jakarta, Kualanamu, dan Batam. [SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top