Nasional

GPEI : Eksportir Sulselbar Sasar Tiga Negara Baru

Sumutinvest.com, Makasar. Ketua Umum DPP GPEI Khairul Mahalli resmi melantik H Arief R Pabettingi sebagai Ketua Pengurus Gabungan Ekspor Indonesia (GPEI) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) periode 2018-2023.

Hal tersebut ditandai dengan pelantikan DPD GPEI Sulselbar periode 2018-2023 di Ballroom Jasmin Hotel Claro Makassar, Jl AP Pettarani, Kamis (27/7/2018).

Setelah dilantik, Ketua Pengurus Gabungan Ekspor Indonesia (GPEI) Sulselbar, H Arief R Pabettingi mengatakan, pihaknya akan membuka pasar baru tujuan ekspor pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Sulselbar.

Selama kepengurusannya, Arief ingin menembus pasar baru ekspor yaitu Eropa, Afrika Utara dan Australia. Hal tersebut akan direalisasikan dengan kerjasama PT Pelindo IV Makasar untuk direct call ke negara tujuan.

“Saat ini tujuan ekspor Sulsel masih Asia Timur meliputi China, Jepang, Korea dan Hongkong. Kita ingin perluas ke Eropa, Afrika dan Australia, kita sudah bicara dengan Pelindo IV untuk bisa direct call ketujuan baru ini,” kata Arief setelah dilantik, Kamis (26/7/2018).

Berharap Direct call tersebut dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan para pelaku ekspor tanah air dan menambah kepercayaan mitra di luar negeri terhadap produk dari Sulselbar khususnya dari ketepatan waktu pengiriman.

Dengan demikian, Arief mengaku produk-produk UKM/IKM dari Sulselbar masih kalah bersaing dengan produk dari negara-negara Asia khususnya China, hal tersebut terlihat dari kemasan produk.

“Dari segi inovasi produk kita memang masih kalah dengan produk UKM/IKM dari luar khususnya China. Lihat saja dari segi kemasan dan pengembangan produk kita kalah,” kata Arief.

Untuk itu, capaian pertama Arief sebagai DPD GPEI yaitu ingin mengoptimalkan pelaku UKM/IKM di Sulselbar yang saat ini terdaftar ada 270 pelaku ekspor dengan melakukan pelatihan-pelatihan rutin baik dari kemasan hingga pengembangan produk yang ada.

Selain itu, Arief juga ingin memfasilitasi pelaku UKM/IKM di Sulselbar untuk mendapatkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, karena saat ini untuk plastik kemasan masih di datangkan dari pulau Jawa.

Ekspor Sulsel ke Asia Tenggara masih didominasi tumbuhan berminyak dan tanaman obat-obatan dan furnitur yang semuanya tergantung dari alam, diharapkan produk UKM/IKM bisa menjadi andalan ekspor Sulselbar ke depan.

Pada kesempatan ini, Khairul meminta pengurus DPD GPEI Sulselbar bekerja untuk membantu UKM dan IKM dalam memasarkan produknya hingga ke pasar internasional.

“Saya tidak ingin hanya acara seremoni saja, kumpul saat, pelantikan lalu setelah itu tidak ada action dan lima tahun kedepan kumpul lagi,” kata Khairul Mahalli setelah melantik.

Ia berharap dalam menjalankan tugas dan program organisasi, Arief dan pengurusnya senantiasa kerjasama dengan pemerintah provinsi dan instansi terkait seperti Pelindo dan Bea Cukai. [SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top