Daerah

Hari ini Pengurus DPD GPEI Sulselbar Dilantik

Pengurus DPD GPEI Sulselbar berfoto bersama dengan Ketua Umum DPP GPEI

Sumutinvest.com, Makassar. Hari ini Dewan Pengurus Daerah Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (DPD GPEI) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) dilantik di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/7/2018).

Ada sebanyak 13 anggota yang dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) GPEI Khairul Mahalli.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan dialog ekspor yang dihadiri beberapa narasumber seperti Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kemendag RI, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi SulSel, Direktur Utama Pt Pelabuhan Indonesia lV (Persero) dan termasuk Ketua Umum DPP GPEI.

Ketua DPD GPEI Sulselbar, H Arief R Pabettengi mengatakan pengurus DPD GPEI Sulselbar yang telah dikukuhkan hari ini harus bekerja secara optimal sebagai asosiasi di bidang ekspor di Sulselbar.

“Mudah-mudahan apa yang telah menjadi program kerja DPD GPEI dan menjadi mandat kami ini bisa mampu bekerja sama dengan pemerintah dalam hal tujuan ekspor dapat tercapai agar bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” katanya.

Ditambahkannya, program DPD GPEI Sulselbar adalah mengkonsolidasi para anggota dan para pelaku usaha ekspor yang ada di Sulselbar, bekerja sama dengan pemerintah untuk mencari pasar-pasar baru ekspor dan melakukan penetrasi negara tujuan ekspor serta bekerja sama dalam membina para pelaku UKM/IKM untuk menjadi pelaku usaha yang handal yang mampu berinovasi pada produksinya.

Menurutnya, di Sulselbar ada beberapa ekspor yang paling dominan yaitu hasil perikanan, biji-bijian berminyak, tanaman obat-obatan, rumput laut serta nikel.

“Semua itu merupakan primadona ekspor Sulselbar. Akhir bulan Juni lalu, kegiatan ekpor Sulselbar mengalami peningkatan 2,44% persen dibanding bulan sebelumnya,” tambahnya.

Sebagai wadah para eksportir, H Arief dan jajarannya akan berupaya untuk lebih mendekatkan diri kepada pelaku ekspor dengan memberikan semacam informasi dengan teknologi (IT) supaya para pelaku ekspor tersebut mampu mengetahui situasi dan kondisi perdagangan dunia.

Sementara sasaran ekspor dari Sulselbar ke luar negeri adalah ke beberapa negara-negara Asia seperti China, Hongkong, Korea, Jepang, Timur Tengah, Australia, Amerika dan Eropa.

“Saat ini kami telah jajaki pengembangan ekspor derekol ke Eropa dan Afrika Utara,” ungkapnya.

Usai acara pelantikan, Khairul Mahalli dalam sambutannya mengatakan selamat bekerja kepada pengurus yang baru dilantik. Khairul menekankan bahwa Sulselbar sebagai pintu gerbang Indonesia Wilayah Timur harus bisa mengoptimalkan produk ekspornya.

“Sulselbar itu sebagai pintu gerbang Indonesia Wilayah Timur. Jadi harus bisa mengoptimalkan produk ekspornya,” ungkapnya kepada Sumutinvest.com melalui saluran telepon.

Karena itu, melalui wadah para eksportir dibawah payung GPEI, Sulselbar harus terus melakukan penetrasi di bidang ekspor sehingga para pelaku usaha di daerah Sulselbar dapat berkembang. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top