SI UKM

AHINDO Siap Pasarkan Produk-Produk Home Industri

H. Madroi, Ketua Umum Asosiasi Home Industri Indonesia (AHINDO)

Sumutinvest.com, Jakarta. Asosiasi Home Industri Indonesia atau AHINDO merupakan organisasi independen yang berpihak pada kepentingan pelaku usaha home industri. AHINDO mempunyai misi mendata seluruh pengusaha home industri serta mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi.

Lalu, membina dan memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kualitas produk, kualitas kemasan dan memaksimalkan masa kadaluarsa serta membantu perizinan dan sertifikasi produk dan memberikan pelatihan kerja; meningkatkan kapasitas produksi dan menambah modal kerja untuk usaha produktif.

Kemudian misi berikutnya adalah menjualkan produk home industri dengan membuka pangsa pasar baru dengan mendirikan gerai-gerai yang rencananya akan dibangun di setiap kecamatan di seluruh tanah air.

Artinya, peran AHINDO di tengah-tengah masyarakat yakni mendata, membina dan memasarkan produk-produk home industri dan sebagai asosiasi menyiapkan badan-badan usaha untuk mengurusi bisnis dan investasi dalam sektor pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan produk komoditi, kuliner, fashion, furniture, handycraft, ritel moderen dan penjualan online.

AHINDO berkantor pusat di Jalan Cactus Raya, Komplek Taman Setia Budi, Blok J No. 1, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara.

Ide awal pendirian AHINDO menurut Ketua Umum H. Madroi adalah karena para pelaku usaha home industri di tanah air selama ini tidak ada yang mengkoordinir. Pemerintah dan pihak swasta sibuk mengurus di hulunya saja seperti pembiayaan, perbaikan serta melakukan pembinaan.

“Pemerintah dan swasta selama ini sibuk mengurus di hulunya saja tanpa ikut menjual langsung produknya. Peluang ini yang mau kita ambil, mendata, membina serta memasarkan,” ujarnya kepada Sumutinvest.com, usai menghadiri acara Sarapan Pagi dan Dialog Eksportir yang diselenggarakan oleh Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) di Hall Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Madroi menambahkan melihat kondisi seperti itu, maka dibentuklah AHINDO yang terjun langsung aktif memasarkan produk-produk pelaku usaha home indsutri atau usaha kecil dan menengah. Saat ini, kata Madroi, mandat untuk Ketua AHINDO di tingkat provinsi (DPD) sudah ada di 20 provinsi, tinggal menunggu pembentukan pengurus.

Dalam dua bulan ke depan, dia berharap para pengurus provinsi yang telah memegang mandat sebagai ketua agar segera membentuk pengurus.   

Gerai AHINDO

Bagaimana cara AHINDO untuk memasarkan produk-produk home industri ini kepada pangsa pasar domestik maupun mancanegara? Mandroi menjelaskan selain bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) yang merupakan wadah para ekportir, AHINDO berencana membuka gerai-gerai seperti AHINDOmart, AHINDOkios, AHINDOwarung, AHINDOplaza, Oleh-Oleh Nusantara serta penjualan aplikasi online untuk memasarkan produk-produk home industri dari setiap daerah.

DPD yang terbentuk di provinsi akan membentuk Ketua DPC di Kabupaten atau Kota. Lalu, Kabupaten atau Kota tersebut akan membentuk pengurus di setiap kecamatan. Gerai-gerai ini juga, sambungnya, bakal ada di setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Gerai-gerai ini akan menampung semua produk home industri yang ada di daerah tersebut.

Madroi menargetkan tahun ini harus dapat membuka 100 gerai. Satu gerai AHINDOMart akan dilaunching minggu depan di Medan. Tak hanya gerai di dalam negeri, gerai di luar negeri direncanakan juga akan dibuka. Dalam waktu dekat, kata Madroi, gerai AHINDO akan dibuka di Timur Tengah tepatnya di Jeddah dan Australia.

Sebagai asosiasi baru, Madroi dan jajaran pengurus DPP terus melakukan sosialisasi dan memperkenalkan kepada para pelaku usaha UKM baik melalui media sosial seperti instagram maupun facebook.

Dia mengajak bagi yang mau bergabung menjadi anggota AHINDO, silahkan menghubungi alamat di Jalan Cactus Raya, Komplek Taman Setia Budi, Blok J No. 1, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara, Indonesia (Kode pos 20131), Phone: +62 61-8200006, 0813-9760-1182, 0812-6052-4123, Email: info@ahindo.com, atau dapat mengunjungi www.ahindo.com. (SI)

Komentar di sini

Most Popular

To Top