Nasional

Ini Daerah-Daerah Pemenang Investment Award 2018

Thomas Trikasih Lembong, Kepala BKPM

Sumutinvest.com, Jakarta. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mendorong daerah dalam memberikan standar pelayanan yang lebih baik kepada investor di Indonesia dengan penganugerahan Investment Award kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Terbaik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota/Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)/Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengumumkan dan menganugerahkan Investment Award kepada 20 PTSP Terbaik untuk tingkat Kabupaten, 10 PTSP Terbaik tingkat Kota/KEK/KPBPB dan 10 PTSP Terbaik tingkat Provinsi setelah melakukan survey terhadap 565 PTSP.

Secara berjenjang, setelah melalui seleksi tahapan uji pemaparan terhadap 40 (empat puluh) Nominee Penyelenggara PTSP di atas, tim penilai menetapkan 15 (lima belas) Nominee Penyelenggara PTSP yang berhasil memperoleh hasil penilaian tertinggi untuk kategori : 5 nominee Provinsi, 5 nominee Kabupaten, dan 5 nominee Kota/KEK/KPBPB.

Kemudian, tim penilai melakukan Uji Petik langsung ke lokasi kantor PTSP daerah tersebut untuk menentukan 9 penyelenggara PTSP yang memiliki nilai tertinggi dengan kategori peringkat 1,2,3 PTSP terbaik di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota/KEK/KPBPB. Kegiatan ini seluruhnya dilakukan selama 5 bulan sejak Maret sampai dengan Juli 2018.

“BKPM mengucapkan selamat bekerja kepada ke-40 PTSP daerah terbaik dan semoga penghargaan ini bisa mendorong peningkatan pelayanan perizinan penanaman modal dan percepatan pelaksanaan kemudahan berusaha di daerah, serta memotivasi PTSP lainnya di seluruh Indonesia untuk memperbaiki layanan perizinan dan non perizinan daerah yang semuanya akan bermuara pada satu tujuan untuk peningkatan ekonomi daerah, membuka lowongan pekerjaan dan meningkatakan daya saing,” ujarnya usai penganugerahan Investment Award 2018 di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Dalam melakukan penilaian dan pemeringkatan, BKPM bekerjasama dengan beberapa Kementerian/lembaga Non Kementerian lainnya yaitu Kemenko Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Setwapres, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, BPKP dan KPPOD.

Thomas menyampaikan bahwa pemenang penyelenggara PTSP kategori Provinsi terbaik tahun 2018 adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur serta yang ketiga adalah Provinsi DKI Jakarta.

Untuk kategori Kota adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Pekanbaru, Kota Surakarta, serta Kota Semarang. Sedangkan kategori Kabupaten adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Siak, Kabupaten Sragen, serta Kabupaten Pinrang.

“Untuk penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu wilayah Timur adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang, Kota Ternate dan Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Dalam rangka kualifikasi kelembagaan PTSP daerah, penyelenggaraan perizinan dan non perizinan penanaman modal daerah serta mendorong peningkatan kualitas layanan kepada investor di daerah, yang sejalan dengan amanat pemerintah melalui Peraturan Presiden No. 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, maka pada tahun 2018 BKPM kembali menyelenggarakan kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP terkait layanan perizinan dan non perizinan penanaman modal daerah.

BKPM melakukan survey terhadap 565 PTSP di seluruh Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi, 416 Kabupaten, 98 Kota, 12 KEK dan 5 KPBPB.

Kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP dilakukan untuk memotret kondisi faktual PTSP daerah, mengukur penyelenggaraan perizinan dan non perizinan penanaman modal daerah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, melihat kesiapan PTSP daerah menyongsong pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik (OSS) dan mengetahui kondisi Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha di daerah. Kegiatan ini dilakukan melalui proses survey lapangan yang dilakukan BKPM bekerjasama dengan PT Surveyor Indonesia.

Ini Daerah-Daerah Pemenang Investment Award 2018

10 Nominee Provinsi

  1. Banten
  2. DI Yogyakarta
  3. DKI Jakarta
  4. Jawa Barat
  5. Jawa Tengah
  6. Jawa Timur
  7. Kalimantan Timur
  8. Riau
  9. Sulawesi Selatan
  10. Sumatera Selatan

10 Nominee Kota/KEK/KPBPB

  1. Bekasi
  2. Bitung
  3. BP Batam
  4. Kediri
  5. Medan
  6. Palembang
  7. Payakumbuh
  8. Pekanbaru
  9. Semarang
  10. Surakarta

20 Nominee Kabupaten

  1. Agam
  2. Bandung
  3. Bantaeng
  4. Bintan
  5. Boyolali
  6. Cilacap
  7. Demak
  8. Indragiri Hulu
  9. Karimun
  10. Lamongan
  11. Langkat
  12. Ogan Komering Ilir
  13. Pekalongan
  14. Pinrang
  15. Purwakarta
  16. Semarang
  17. Siak
  18. Sragen
  19. Rokan Hulu
  20. Wonogiri

PTSP Peringkat 1,2,3 Terbaik dan Penerima Special Award

Provinsi

  1. PTSP Provinsi Jawa Tengah
  2. PTSP Provinsi Jawa Timur
  3. PTSP Provinsi DKI Jakarta

Kota

  1. PTSP Kota Pekanbaru
  2. PTSP Kota Surakarta
  3. PTSP Kota Semarang

Kabupaten

  1. PTSP Kabupaten Siak
  2. PTSP Kabupaten Sragen
  3. PTSP Kabupaten Pinrang

Wilayah Timur (NTT, Maluku, Maluku Utara dan Papua)

  1. PTSP Kota Kupang
  2. PTSP Kota Ternate
  3. PTSP Kabupaten Jayapura
Komentar di sini

Most Popular

To Top