Daerah

PLN Dukung Wujudkan Medan Jadi Smart City

SUMUTINVEST.com-MEDAN. Keinginan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi untuk menjadikan Kota Medan sebagai Smart City mendapat dukungan penuh pihak PLN Area Medan. Sebagai bentuk dukungan yang dilakukan dengan melakukan modernisasi dalam rangka pemasangan kabel listrik dengan menggunakan teknologi Horizontal Directional Drilling (HDD).

Dengan penggunaan teknologi HDD, secara bertahap PLN akan menggantikan seluruh jaringan listrik atas yang selama ini menggunakan tiang listrik dengan pemasangan kabel di bawah tanah. Di samping itu lagi pemasangan kabel dilakukan dengan sistem pengeboran tidak menggali jalan sehingga rusak dan berlubang.

Dukungan ini disampaikan langsung Manager PLN Area Medan, Lailan Hasibuan ketika diterima Wali Kota beraudiensi di Balai Kota Medan, Selasa (26/6/2018). Dijelaskan Lailan, penggunaan sistem HDH ini tidak merusak jalan untuk menanam kabel dalam tanah dengan baik dan lebih aman sehingga tidak mengganggu masyarakat pengguna jalan.

Dengan penggunaan teknologi HDD, jelas Lailan, PLN secara bertahap akan menurunkan kabel-kabel listrik yang ada di atas tiang listrik. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk menata sehingga tidak mengganggu estetika Kota Medan. “Pergantian jaringan listrik melalui tiang dilakukan secara bertahan dengan sistem kabel bawah tanah dengan menggunakan teknologi HDD. Akhirnya nanti tidak terlihat lagi jaringan listrik atas yang melintasi jalan,” kata Lailan.

Sebenarnya papar Lailan, penggunaan kabel bawah tanah melalui teknologi HDD telah dilakukan secara bertahap karena disesuai dengan kesiapan anggaran maupun kesiapan Kota Medan dalam menetapkan kawasan mana yang akan lebih dulu dibenahi.
“Untuk saat ini pemasangan kabel bawah tanah melalui HDD telah kita lakukan di Jalan Gatot Subroto sepanjang lebih kurang 2 km. Untuk tahun ini, kita merencanakan akan membenahi jaringan listrik atas sepanjang 20 km,” paparnya.

Selain melakukan modernisasi pemasngan kabel listrik dalam tanah, Lailan juga mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan pembenahan seluruh lampu jalan yang ada di Kota Medan dalam rangka memperindah ibukota Provinsi Sumatera Utara sekaligus mendukungnya menjadi Smart City. Direncanakan, pembenahan lampu jalan itu akan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

Dalam pertemuan dengan Wali Kota didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan H M Husni , Kadis Pekerjaan Umum Khairul Syahnan, Kadis Kominfo Zain Noval serta Kabag Humas Ridho Nasution, Lailan pun menyampaikan koordinasi tentang operasional PLN di Kota Medan, termasuk sejumlah kebijakan strategis yang akan dilakukan antara PLN Area Medan dengan Pemko Medan sehingga berjalan sinergi serta mencegah pengerjaan proyek-proyek ke depan tidak tumpang tindih.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN Area Medan dalam mendukung Kota Medan menjadi Smart City. Selama ini ungkap Wali Kota, penggalian jalan yang dilakukan untuk menamam kabel oleh pihak PLN maupun Telkom, pemasangan pipa air oleh pihak PDAM Tirtanadi serta pipa gas sangat mengganggu estetika kota.

“Penggalian jalan yang dilakukan sangat mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan. Selain mengganggu kelancaran arus lalu lintas, juga sangat merusak estetika kota. Sudah itu perbaikan yang dilakukan asal jadi sehingga jalan yang semula mulus menjadi rusak dan berlubang,” ungkap Wali Kota.

Oleh karenanya Wali kota pun akan menyurati institusi terkait dengan pemasangan kabel telepon, gas serta pipa air agar dapat menerapkan teknologi HDD. Dengan demikian penanaman kabel telepon maupun pipa air tidak harus merusak jalan sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas maupun estetika kota. [SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top