Daerah

3.657 Koperasi di Sumut Dibubarkan Tahun Ini

SUMUTINVEST.Com-Medan. Tahun ini akan ada ribuan koperasi di Sumatera Utara (Sumut) akan dibubarkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara ada 11.340 koperasi yang berdiri. Ternyata, sekitar 5.574 diantaranya koperasi yang tidak aktif, tetapi koperasi yang akan dibubarkan tahun ini sekitar 3.657 koperasi.

Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumut, Mardiana mengatakan, berdasarkan data rekapituasi terbaru Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, tertanggal 30 Mei 2018 terdapat 3.657 koperasi di daerah ini yang akan dibubarkan.

“Tahapan pembubaran sudah dilakukan yaitu dengan melakukan verifikasi ke lapangan. Selain koperasi tersebut, tidak pernah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), mereka juga tidak mengupdate data-data koperasi, sebagaimana seharusnya,” katanya, Rabu (6/6/2018).

Dijelaskannya, sebuah koperasi jika dalam tiga tahun maksimal tidak pernah melakukan RAT, maka pemerintah pusat memiliki punya wewenang untuk melakukan pembubaran.

“Sejak tahun 2014, Sesuai Undang-Undang No 23 tentang Pemda, pembubaran koperasi menjadi kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sebelum melakukan pembubaran, Dinas Koperasi dan UMKM Sumut berencana akan melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi. Namun, saat turun ke lapangan untuk cek lokasi, sudah tidak bisa diverifikasi dan tidak ada lagi fisik koperasi tersebut. Bahkan, warga sekitar tidak mengetahui ada tidaknya koperasi tersebut.

“Hasilnya, jangankan plan nama koperasi, pengurus dan usahanya juga tidak ditemukan lagi. Umumnya koperasi yang tidak aktif tersebut motivasi tumbuhnya bukan karena kebutuhan, namun hanya sekedar untuk mendapatkan bantuan. Sehingga ketika bantuan sudah didapatkan, koperasinya tidak lagi berjalan,” katanya.

Dikatakannya, sejumlah koperasi yang banyak ditemukan tidak aktif seperti di kabupetan Mandiling Natal dengan 287 koperasi dari total 498 koperasi, Toba Samosir 376 dari total 433 koperasi, Asahan 350 dari total 610 koperasi, Deliserdang 324 dari total 655 koperasi, Langkat 284 dari total 652 koperasi, Padang Lawas 319 dari total 342 koperasi, Medan 332 dari total 920 koperasi, serta 672 koperasi binaan provinsi dari 1.061 koperasi.[SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top