Daerah

Jalur Medan – Berastagi Terancam Amblas, Pengalihan Jalan Dilakukan

SUMUTINVEST.Com-Medan. Jalan Djamin Ginting, yang menjadi jalur utama penghubung Kota Medan dan Kota Wisata Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terancam amblas. Situasi itu diakibatkan drainase melintang (cross drain) yang membelah jalan lintas wisata itu, dalam kondisi rusak berat dan menunggu amblas total alias putus.

Kasat Lantas Polres Karo, AKP Edward Simamora mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas sebagai dampak dari amblasnya jalan nasional tersebut, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Kalau misalnya jalan tersebut ditutup kami siap untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas dan kami juga akan memberi tahu kepada masyarakat jalan alternatif yang bisa dilewati jika perbaikan jalan dilakukan,” kata Edward, kemarin.

Penutupan jalan tersebut dinilai karena sudah megalami kondis rusak parah. Kondisi jalan yang rusah parah ini sepanjang 100 meter dengan kondisi menanjak di kilometer 63 memasuki Kota Berastagi.

“Kami masih rapat dengan Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN) beserta intasi terkait ini, apakah Sabtu mendatang atau diundur untuk perbaikannya. Yang pasti kami siap untuk mengatur pengalihan jalan itu,” tegasnya.

Menurut Edward, jika perbaikan jalan tersebut dilakukan, maka akan dilakukan pengalihan jalan ke jalan alternatif, seperti jalan dari arah Merek, Dairi, Simalungun, Humbahas, Subulussalam, Aceh Tenggara dan sekitarnya menuju Medan atau sebaliknya bisa melalui simpang Tigapanah yang melintasi Desa Sukanalu, Tigajumpa, Barusjahe keluar atau masuk simpang Tahura (simpang Tongkoh).

Begitu juga warga atau wisatawan yang dari arah Kabanjahe, Brastagi, Tigabinanga, Munte, Laubaleng, Mardinding, dan dari Aceh menuju Medan ataupun dari arah sebaliknya bisa melintasi jalan alternatif melalui Brastagi-Jaranguda (simpang Hotel Sibayak) menuju simpang Pelawi yang berada sebelum simpang Tahura Desa Tongkoh.

“Kondisi jalan dari simpang Palawi bagus. Namun, agak menyempit. Makanya akan kita pandu dari arah Berastagi ke Medan dan arah sebaliknya biar lancar arus lalu lintasnya. Kita juga akan bekerjasama dengan Dishub untuk mengatur arus lalu lintas di jalan alternatif tersebut,” pungkas Edward.[SI/oz]

Komentar di sini

Most Popular

To Top