Nasional

Iriana Joko Widodo Hari ini Tanam Pohon di Geopark Kaldera Toba

Sumutinvest.com, Samosir. Pariwisata Geopark Kaldera Toba (GKT) di Sumatera Utara (Sumut) yang sedang diusulkan untuk masuk dalam Jaringan Taman Bumi Global UNESCO diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan memuliakan martabat masyarakat yang ada di sekitar Danau Toba.

Usulan pertama pemerintah pada 2014 kepada UNESCO agar GKT mendapat status geopark global masih ditolak pada 2015 dan pada 2017, pemerintah melalui kementerian pariwisata Indonesia kembali lagi mengajukan GKT ke UNESCO.

Berbagai persiapan termasuk promosi pun gencar dilakukan agar usulan tersebut diterima oleh UNESCO termasuk yang dilakukan Ibu Negara Republik Indonesia hari ini di kawasan Geopark Kaldera Toba.

Hari ini, Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo melakukan penanaman pohon bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) di areal perkampungan si Raja Batak dan Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba (GKT) di Sigulatti, Desa Sari Marihit, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Rabu (18/4).

Iriana Joko Widodo dan rombongan OASE Kabinet Kerja berfoto bersama pejabat Pemkab dan Provinsi Sumut di Sigulatti, Rabu (18/4)

Lokasi penanaman pohon tersebut berada di ketinggian 1200-1500 meter di atas permukaan Danau Toba atau 2000 meter di atas permukaan laut.

Penanaman pohon ini dilakukan untuk menggenjot agar GKT lolos menjadi salah satu tempat budaya dan benda situs warisan dunia UNESCO. (SI)

 

Komentar di sini

Most Popular

To Top