Inspirasi

Budidaya Tanaman Hias Hidrogel, Bikin Bisnis Kamu Makin Epik!

SUMUTINVEST.Com-Medan. Kita sudah sering mendengar menanam tanaman dengan metode hidroponik. Nah, mungkin ini bisa membantu Anda yang ingin berkreasi atau bosan dengan tanaman hias yang bentuk dan warnanya itu-itu saja. Bahkan bisa dijadikan bisnis lho karena bisnis seperti ini di Indonesia masih sedikit, kebayangkan ?

Ini dia, Hidrogel atau kristal warna warni yang sering digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hidroponik. Peluang usaha Hidrogel memang jarang terdengar di Indonesia. Padahal media ini sudah banyak digunakan di beberapa negara maju di Asia misalnya saja Jepang. Maklum karena Indonesia masih banyak ditemukan tanah dibandingkan dengan Jepang.

Uniknya, media tanam ini merupakan kristal polimer yang mempunyai sifat dapat menyerap dan menyimpan air serta nutrisi di dalam bulatan seperti kelereng. Dengan cara ini, tanaman tidak perlu sering disiram karena sudah ada cadangan air yang ada di dalam bulatan hidrogel tersebut.

Selain itu, masa pakai hidrogel dapat digunakan maksimal selama 2 tahun yang dapat hancur sendiri ketika masa pakainya berakhir. Karena hidrogel merupakan produk yang terbuat dari polimer dan masuk kategori produk non-toxic atau tidak beracun.

Jangan khawatir, Hidrogel bisa digunakan semua jenis tanaman hias yang akarnya seperti jenis Philodendron, Aglaonema, Senseviera, Bambu hias, Paku Hias dan Anthurium. Media tanam ini dinilai sangat efisien karena kita tidak perlu repot menyiram dan memupuk. Selain warnanya yang menarik membuat daya tarik sendiri bagi pecinta tanaman.Berikut langkah – langkah menanam dengan menggunakan media tanam hidrogel.

Pertama, siapkan tanaman hias yang akan ditanam dengan hidrogel, pastikan saat mencabut tanaman akarnya utuh. Setelah itu, bersihkan tanaman dengan cara direndam selama 1 jam agar akar tanaman benar-benar besih dari tanah. Setelah direndam, bersihkan juga batang dan daun dengan bersih alias bebas dari tanah agar hidrogel tidak cepat rusak.

Kedua, siapkan tempat untuk tanaman hias tersebut yang akan diisi dengan hidrogel. Setelah siap, masukkan hidrogel ke wadah yang telah disediakan kemudian isilah air 1 liter, gunakanlah air matang agar hidrogel tetap steril.

Ketiga, biarkan hidrogel selama 4 jam sampai mengembang dengan sendirinya dan aduk terlebih dahulu agar warnanya merata. Setelah mengembang, hidrogel telah siap dimasukkan ke vas kaca transparan atau sejenis pot lainnya.

Keempat, masukkan terlebih dahulu hidrogel 1/4 dari yang telah disiapkan kemudian masukkan tanaman hiasnya dengan hati-hati agar pertumbuhannya baik. Kemudian masukkan sisa hidrogel semuanya ke dalam vas kaca hingga penuh menutupi semua akar tanaman. Tanaman hias yang berisi hidrogel pun siap diletakkan di ruang tamu atau di tempat lainnya.

Dengan menggunakan media tanam hidrogel kita tak perlu banyak menyiramnya bahkan disarankan tidak menyiramnya. Karena media ini karakteristiknya bisa menyerap air hingga  100 kali berat tubuhnya. Dengan begitu, hidrogel  mampu menyimpan cadangan air di tubuhnya. Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, hidrogel mampu dilepas perlahan.

Perlu diingat bahwa menjaga kelembapan suhu ruangan agar tidak timbulnya jamur dan lumut yang membuat hidrogel rusak.

Jika  lingkungan di dekat hidrogel cukup kering, maka hidrogel akan cepat melepas cadangan airnya dan menyusut dengan cepat. Dan akan kembali kebentuk semula jika diiberi air yang cukup. Tanaman hias menggunakan media tanaman hidrogel tak perlu pencahayaan yang banyak. Karena memang media tanam ini khusus untuk tanaman indoor (dalam ruangan). Jadi tak perlu banyak pencahayaan.

Untuk perawatannya, tanaman ini hanya perlu dibersihkan dengan tisu atau lap jika kotor akibat debu. Jika higrogel menyusut, lakukan seperti tahap awal tadi. Pastikan hidrogel kamu tetap terjaga agar daun tidak menguning.

Harga tanaman hias dengan media tanam hidrogel memang lebih mahal dibandingkan menggunakan media tanam tanah atau pasir. Karena harga hidrogel sendiri memang lebih mahal per lima gramnya mencapai Rp 8000. Jadi Anda yang ingin berbisnis tanaman hias dengan media hidrogel bisa membuat harga pasarnya sendiri, pastinya harganya berbeda-beda. Karena tanaman hias memiliki nilai harga tersendiri ditambah lagi dengan hidrogel dan vas. Selamat mencoba![SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top