Daerah

Tim Analis Media DPR RI Studi Banding ke Kota Medan

SUMUTINVEST.com-MEDAN. Tim Analisis Media Sekretariat Dewan DPR RI melakukan Studi Banding ke Pemerintah Kota Medan. Kedatangan rombongan diterima langsung oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, M.Si didampingi Staf Ahli Walikota Medan Pulungan Harahap dan Kabag Humas Kota Medan Ridho Nasution S.STP di Kantor Walikota Medan, Rabu (21/2/2018).

Dalam sambutannya,Wakil Walikota menyambut baik dan mengucapkan selamat datang kepada rombongan Biro Pemberitaan Setwan DPR RI. “Selamat datang di Kota Medan, semoga kedatangan bapak ibu di Kota Medan membawa kesan yang baik untuk dibawa kembali ke Instansi Kerjanya. Kami senang bapak dan ibu sekalian melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan dan kami berharap hubungan hangat ini terus terjaga,” ungkap Wakil Walikota.

Wakil Walikota menyadari penggunaan media massa di Indonesia terus meningkat. Saat ini saja lanjutnya keberadaan media cetak, elektronik dan online di Kota Medan tumbuh dan berkembang dengan pesat dimana telah terdapat kurang lebih 340 media massa di Kota Medan.

Akhyar berharap benchmarking yang dilakukan antara Pemko Medan dengan Biro Pemberitaan DPR RI dapat memberikan masukan kepada keduanya untuk dapat memaksimalkan potensi penggunaan media dalam penyampaian informasi publik kepada masyarakat ataupun sebaliknya.

Sementara itu pimpinan rombongan, Kepala Biro Pemberitaan, M. Djazuli menjelaskan kedatangan mereka yang terdiri dari Pimpinan TV Parlemen, Tim Majalah Parlementaria, serta Tim Analisis Media nya ke Pemerintah Kota Medan dalam rangka ingin sharing informasi Pengelolaan Informasi Publik Terkait Media Cetak, Media Online dan Analisis Media.

“Hal ini kita maksudkan untuk mendapatkan berbagai referensi terkait pola-pola penyebaran informasi publik, karena yang terpenting adalah masyarakat harus terus mendapat asupan informasi agar tetap mengikuti perkembangan pembangunan Kota Medan,” jelas M. Djazuli.

Menanggapi hal tersebut Kabid Sandi Dinas Kominfo Kota Medan Topan Ginting memaparkan bahwa Pemko Medan telah menerapkan PPID secara bertahap dengan diperkuat oleh payung hukumnya, dimana leading sektornya ada di Dinas Kominfo Kota Medan.

Lebih lanjut Topan menambahkan Pemko Medan dalam menyampaikan informasi kepada publik dilakukan melalui berbagai media seperti Media Cetak, Elekteonik, hingga media sosial. “Dinas Kominfo juga menghimbau kepada OPD di Lingkungan Pemko Medan agar menerapkan penggunaan Website Pemko Medan dan Media Sosial untuk mendekatkan diri ke masyarakat,” ujar Topan.

Sementara itu Kabag Humas Setda Kota Medan, Ridho Nasution S.STP menuturkan dalam mengelola hubungan dengan 340 media cetak (harian dan mingguan) dan elektronik serta media online, Pemko Medan melakukan pendekatan persuasif dengan menerapkan pola mitra kerja yang baik dengan media-media yang ada di Kota Medan melalui ketersediaan informasi pembangunan kota yang setiap hari disebarkan oleh Bagian Humas Pemko Medan.

“Walikota dan Wakil Walikota Medan juga memiliki political will yang baik untuk terus menjalin hubungan kemitraan dengan media massa di Kota Medan, sehingga pola ketersediaan informasi pembangunan Kota Medan kepada masyarakat dapat kita jaga,” imbuh Kabag Humas Ridho.

Disamping itu Kabag Humas juga memaparkan bahwa dalam membaca dan memberikan informasi masukan kepada Walikota terkait perkembangan Pemberitaan di Media Cetak, dirinya bersama Tim Kreatif Bagian Humas Kota Medan melakukan kajian Analisis Media terhadap berbagai Media Cetak di Kota Medan. Kajian ini tentunya dilakukan bersama dengan menjalin kerjasama dengan Tim Akademisi Universitas Sumatera Utara.

Diakhir sesi tanya jawab, Kepala Biro Pemberitaan M. Djazuli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Walikita Akhyar Nasution dan segenap ASN Pemko Medan karena telah menerima studi banding mereka di Kota Medan. Pihaknya mengatakan akan menjadikan hasil studi banding di Pemko Medan sebagai bahan untuk pengembangan dan pendalaman guna referensi kajian bagi Tim Analisis Media DPR RI terutama dalam pengembangan Majalah Parlementaria.

Kunker Biro Pemberitaan Setwan DPR RI tersebut ditutup dengan penyerahan cendera mata dari Wakil Walikota kepada pimpinan rombongan yang dirangkaikan dengan sesi foto bersama. [SI]

Komentar di sini

Most Popular

To Top